5 Keistimewaan System Efi Dibandingkan Karburator

5 Keistimewaan System Efi Dibandingkan Karburator. Di bandingkan dengan karburator, efi mempunyai keuntungan sebagai berikut :

  1. Memungkinkan Pembentukan Campuran Yang HomogenPada Setiap Silinder

oleh karena itu setiap silinder mempunyai satu injector dan volume injeksi yang tepat di control oleh ecu yang sesuai dengan putaran mesin dan perubahan beban, hal ini memungkinkan distribusi bahan bakar kesetiap silinder akan homogen. Selanjutnya perbandingan bahan bakar dan udara datap di control dengan mudah oleh ecu dengan merubah waktu bekerjanya injector (fuel injection duration). Untuk alasan ini, campuran bahan bakar dan udara yang di distribusikan keseluruh silinder sama dan membentuk perbandingan bahan bakar dan udara yang optimal, kejadian di atas ini juga akan menguntungkan aspek emission control dan kemampuan tenaga mesin.

  1. Perbandingan Bahan Bakar Dan Udara Dapat Di Peroleh Pada Semua Tingkat Rpm Mesin

Single nozzle pada karburator tidak dapat mengontrol perbandingan bahan bakar dan udara secara tepat pada semua tingkat kecepatan, jadi pengontrolannya di bagi di antara, slow system, first high speed system, second high speed system, dan lain-lain, dan campuran bahan bakar dan udara harus di buat kaya selama perpindahan dari satu system ke system lainnya.untuk alasan ini, jika campuran bahan bakar dan udara tidak di pertahankan pada keadaan kaya, akan terjadi ketidak normalan (backfiring dan tersendat) yang mungkin terjadi selama perubahan. Juga di karenakan ketidak samaan yang lebih besar dalam distribusi campuran bahan bakar dan udara di antara setiap silider, campuran bahan bakar dan udara harus di pertahakan sedikit kaya. Denagn efi, di karenakan pengiriman campuran bahan bakar dan udara akan berlangsung terus menerus dengan tepat dan pengiriman tersebut tidak tergantung pada kecepatan putaran mesin dan beban. Inilah yang merupakan keuntungan dari aspek emission control dan penghematan bahan bakar.

  1. Respon Yang Baik Sesuai Dengan Perubahan Throttle

Dengan mengunakan karburator jarak dari komponen injeksi bahan bakar kesilinder agak jauh jaraknya. juga karena perbedaan berat jenis yang besar antara bensin dan udara sehingga mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke dalam silinder sedikit, dalam hubungannya dengan perubahan volume udara yang masuk. Dengan menggunakan efi, masing-masing injector dipasangkan dekat silinder, dan bahan bakar ditekan dengan tekanan 2-3 kg/cm2 (28,4-42,7 psi, atau 196, 1-294,2 kpa) lebih tinggi dari tekanan intake manifold dan karena bahan bakar di injeksi melalui lubang kecil sehingga mudah membentuk kabut. Oleh karena itu, volume bahan bakar yang diinjeksi secara serentak berubah dengan perubahan dengan volume udara masuk sesuai dengan membukanya dan menutupnya throttle valve. Singkatnya, respon yang baik sesuai dengan perubahan posisi pedal akselerasi.

  1. Koreksi Campuran Bahan Bakar Udara

kompensasi pada temperature rendah

Kemampuan untuk menghidupkan mesin pada temperatur rendah lebih baik, dikarenakan adanya coldstar injector yang akan menginjeksikan bahan bakar selama mesin di stater, juga karena adanya udara yang di alirkan melalui air valve cukup, yang memungkinkan kendaraan dapat segera di jalankan dengan baik.

penghentian bahan bakar

Selama deselarasi dari rpm tinggi sampai throttle tertutup volume udara yang masuk akan di kurangi dan kevakuman di dalam intake manifold akan mtenjadi besar. Pada karburator, bensin yang menempel pada dinding intake manifold akan menguap dan masuk ke silinder akibatnya campuran akan menjadi kaya sehingga tidak terjadi pembakaran sempurna atau bahan bakar tidak dapat di terbakar semuanya dan terjadi juga penambahan HC dalam gas buang. sedangkan pada system efi pada saat throttle valve mulai menutup bahan bakar yang diinjeksi di hentikan sementara sampai batas rpm tertentu, sehingga kerapatan (density) HC pada gas buang akan menjadi kecil dan juga mengurangi konsumsi bahan bakar.

  1. Efisiensi Pemasukan Campuran Bahan Bakar Dan Udara

Pada karburator aliran udara yang melalui venturi kecepatan alirannya adalah bertambah mengakibatkan kevacuuman akan terjadi dibawah venturi. Hal ini akan mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara akan mengalir kedalam silinder selama piston langkah isap akan tetapi venture membatasi aliran udara yang masuk dan merugikan mesin. Pada efi karena selalu di gunakan tekanan bahan bakar sebesar 2-3 kg/cm (kuadrat) akan di peroleh pengabutan yang baik sehinga tidak di perlukan venture. Juga manifold dapat di buat lebih besar sehingga inersia idara masuk dapat digunakan memasukkan campuran bahan bakar udara lebih banyak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.