Apa Sih Akselerasi Pada Kendaraan Itu? Simak Guys

Sering dengar apa sih akselerasi pada kendaraan yaitu percepatan atau perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Dalam hukum fisika diberi simbol a. Kenyataannya, kecepatan benda bergerak tidak selalu tetap, alias selalu berubah-ubah. Perubahan kecepatan inilah yang disebut percepatan atau akselerasi.

Percepatan suatu objek yang bergerak bisa semakin cepat ataupun semakin lambat. Bila bergerak semakin cepat, artinya percepatan bernilai positif. Namun bila bergerak semakin lambat, artinya percepatan bernilai negatif. Contoh percepatan positif adalah buah yang jatuh dari atas pohon yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Sedangkan contoh percepatan negatif ada pada  proses pengereman mobil dan aja juga istilah top speed yaitu top speed adalah kecepatan maksimal yang dapat ditempuh oleh sesuatu benda yang bergerak contoh nya seperti kecepatan tertinggi kendaraan saat melaju.

Semakin baik akselerasi yang dimiliki oleh suatu kendaraan, maka akan semakin cepat pula kendaraan tersebut meningkatkan kecepatannya. Bukan semakin cepat secara keseluruhan, akan tetapi pertambahan kecepatannya saja yang menjadi semakin baik. Jadi kendaraan yang punya akselerasi baik belum tentu memiliki top speed yang tinggi. Begitupun sebaliknya, kendaraan yang top speednya tinggi belum tentu punya akselerasi yang baik.

Di dunia otomotif seperti mobil percepataan banyak diukur dari akselerasi 0-100 km. Contohnya mobil Bugatti Veyron Supersport, akselerasi 0-100 km adalah sekitar 2.46 detik dengan top speed sekitar 431 km/jam

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.