Bahas Tuntas Arti Dari Istilah Bore Up Selengkapnya

Apa Sih Arti Dari Istilah Bore Up Sebenarnya. Pada dasarnya setiap kendaraan bermotor sudah didesain sedemikian rupa kapasitas cc mesinnya dari pabrikan perusahaan itu sendiri.
Namun ada rekayasa, perbaikan, atau untuk penambahan performa mesin (untuk balapan), dan lainnya yang biasa diterapkan oleh mekanik dengan meningkatkan kapasitas cc pada kendaraan bermotor tersebut.
Hal tersebut akrab disebut dengan istilah “bore up”.

Kata untuk proses pembesaran diameter sering di sebut Bore up khususnya pada mesin kendaraan roda dua yaitu sepeda motor maupun mobil berlaku juga untuk mesin lain nya yang menggunakan piston dan silinder sebagai dinding nya.

Bore up adalah proses pembesaran diameter piston yang dari standar bawaan menjadi piston yang ukurannya sedikit atau banyak nya pembesaran pada diameter piston.

Contoh nya misal saja Yamaha Vega ZR 110 yang memiliki ukuran piston dengan diameter/bore 51 mm yang akan diganti dengan piston Kawasaki Kaze yang mempunyai diameter 53 mm.

Dari rekayasa tersebut, efek positif yang ditimbulkan adalah motor terasa semakin bertenaga dan bisa berlari lebih kencang dari biasanya akan tetapi untuk penggunaan bahan bakar akan lebih boros di banding sebelum nya.
Bagi mekanik sepeda motor balap pastinya sangat paham betul dengan istilah bore up ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.