Bahas Tuntas Apa Sih Ban Tubeless Dan Kelebihan Nya ?

Apa Sih Ban Tubeless Dan Kelebihan Nya ?

Ban yang tanpa ada nya ban dalam (tube) yang bahasa Inggris nya yaitu tubeless adalah ban yang dirancang untuk para pengendara agar menciptakan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Ban ini diciptakan pada tahun 1990, Ban tubeless ini berjenis pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban biasa. Ban tubeless memiliki tulang rusuk yang selalu dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga ban dipaksa oleh tekanan udara yang di dalam ban untuk menutup rapat secara flensa dari velg roda logam.

4 Kelebihan dari ban tubeless menurut rakitmotor:

1. Daya tahan ban lebih unggul

Ban tubeless menjadi lebih kuat dibanding sejenisnya karena adanya daya adesif lem power yang lebih tinggi dibandingkan daya kohesif karet yang menggunakan ban dalam. ban tubeless menggunakan inner untuk merekatkan bagian ban dengan velg kendaraan. karena itu, ban tubeless dapat menahan tekanan udara dari dalam sehingga tekanan angin tidak mudah berkurang.

2 .Dapat menahan ada nya kebocoran

Ban tubeless juga dapat mengalami kebocoran seperti ban biasa. Namun, ini lah salah satu kebihan dari ban tubeless bahwa ban tubeless memiliki ketahanan dan kemampuan lebih, dalam menahan kebocoran atau keluarnya angin yang berlebihan pada ban.

Dengan menggunakan partikel yang kuat pada ban tubeless yang menjadikan ban menjadi lebih kuat sehingga dapat mengurangi keluarnya angin berlebih akibat kebocoran karena tertusuk benda-benda tajam

3 .Kenyaman dan kemudahan saat bermanuver

Kelebihan lain yang dimiliki ban tubeless yaitu kemudahan dalam bermanuver atau saat memutar kendaraan(belok) Yang dikarenakan ban tubeless di rancang dengan bentuk yang solid dan stabil sehingga mempunyai daya cengkeram lebih baik. Dengan kelebihan ini, ban tubeless sering digunakan untuk ajang balap nasional maupun internasional.

4 . Tidak mudah selip saat jalanan basah

Di kondisi jalan basah, ban tubeless tetap bisa menunjukkan performa dengan baik saat berkendara. Dengan tapak atau bentuk yang lebih lebar, sehingga menimbulkan daya cengkeram lebih kuat dan tidak mudah selip saat melewati jalanan basah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.