Bahas Tuntas Apa Sih VTEC, VVT-i & i-VTEC Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa sih VTEC, VVT-i & i-VTEC ini penjelasan lengkapnya. kebanyakan sekarang ini orang msih belum tau apa arti dan apa itu VTEC, VVT-i & i-VTEC. Teknologi tersebut adalah system pengaturan katup untuk mengoptimalkan proses pembakaran di ruang bakar agar mobil selalu dalam performa terbaiknya. Untuk lebih jelasnya silahakan scroll kebawah guys.

Perbedaan teknologi VTEC, VVT-i & i-VTEC

VTEC singkatan dari (variable timing and lift electronic control)

Apa Sih VTEC, VVT-i & i-VTEC Ini Penjelasan Lengkapnya
Apa Sih VTEC, VVT-i & i-VTEC Ini Penjelasan Lengkapnya

Vtec adalah teknologi yang di kembangkan sebagai pengatur katup dari perusahaan Honda. Honda sendiri membuat tiga jenis teknologi semacam yang masing masing mempunyai fungsi nya sendiri yaitu VTEC-E, VTEC SOHC, dan VTEC DOHC ketiganya mempunyai kesamaan dengan memanfaat kan rocker arm sebagai pengatur katup membuka dan mentutup.

  • VTEC-E ) teknologi ini pertama kali digunakan di Tanah Air indonesia oleh Honda Civic Ferio pada tahun 1996. Di putaran rendah, jumlah katup yang terbuka hanya 12 saja dari total 16 katup. Nah, sisanya akan terbuka saat putaran mesin tinggi.
  • VTEC SOHC, untuk teknologi ini pertama kali di Indonesia di gunakan oleh old Honda City. Lama (duration) dan jarak (lift) proses pembukaan katup masuk akan berbeda saat idle, putaran sedang dan tinggi. Sedangkan, untuk katup buang, tidak diatur durasi dan lift-nya.
  • VTEC DOHC, berbeda dengan SOHC, teknologi ini menggunkan 2 camshaft sebagai pengatur katup sehingga katup buka dan buang di atur durasi dan lift nya, sedangkan untuk yang SOHC hanya mengatur katup buka pada sistemnya.

I-VTEC

Apa Sih VTEC, VVT-i & i-VTEC Ini Penjelasan Lengkapnya
Apa Sih VTEC, VVT-i & i-VTEC Ini Penjelasan Lengkapnya

I-VTEC adalah teknologi dalam proses pembukaan katup yang juga di ciptakan oleh perusahaan Honda dari gabungan teknologi VTEC dan VTC (variable timing control). Teknologi ini juga mempunyai prinsip kerja yang hampir mirip dengan teknologi VVT-I dari perusahaan Toyota.

VVT-I

Apa Sih VTEC, VVT-i & i-VTEC Ini Penjelasan Lengkapnya
Apa Sih VTEC, VVT-i & i-VTEC Ini Penjelasan Lengkapnya

VVT-I adalah teknologi pengatur katup yang di ciptakan dari perusahaan Toyota. Prinsip dasarnya, mengatur maju atau mundurnya waktu bukaan katup masuk agar kemampuan daya hisap ke ruang bakar tetap terjaga secara optimal di putaran rendah (idle) hingga sedang, dengan memanfaatkan sproket cam yang diatur secara hidrolis. Selain itu, VVT-i memiliki karakter yang lebih lembut serta bertenaga saat putaran rendah. Honda juga mengadaptasi teknologi ini dan menamainya VTC, lalu menjadi i-VTEC.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.