Bahas Tuntas 5 Perbedaan Utama Pada Aki Basah Dan Aki Kering

Baterai, aki atau sering disebut juga dengan accu merupakan salah satu komponen utama pada bagian kelistrikan sebagai sumber listrik di kendaraan. Aki memiliki perananan yang sangat penting, mengingat fungsi aki yang sangat vital bagi kendaraan.

Aki berfungsi sebagai penyimpan dan penyedia energi listrik bagi kendaraan sepertin untuk starter, untuk menyalakan lampu, untuk menyalakan klakson dan lain sebagainya.Pada umumnya aki atau accu dibagi menjadi dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah. Kedua jenis aki tersebut mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

5 Perbedaan utama pada aki kering dan aki basah

1. Perbedaan Dari bentuk elektrolitnya

Pada aki tipe kering untuk elektrolit nya harus menggunakan gel khusus, sedangkan pada aki tipe basah untuk elektrolit dalam bentuk cair (air accu/aki).

2. Perbedaan dari cara perawatannya

Jika di lihat dari perbedaan cara perawatan aki tipe kering lebih cenderung sedikit dan mudah untuk perawatannya dibandingkan dengan aki tipe basah.

Sedangkan pada Aki tipe basah harus membutuhkan perawatan secara berkala, salah satunya adalah periksa jumlah air akinya atau jumlah elektrolit pada aki basah dan rutin untuk membersihkan kedua bagian kutub terminal aki positif dan negatif.

Bahas Tuntas 5 Perbedaan Utama Pada Aki Basah Dan Aki Kering
Bahas Tuntas 5 Perbedaan Utama Pada Aki Basah Dan Aki Kering

Perhatikan Jumlah air aki pada tipe basah usahakan untuk selalu di atas garis batas bawah (lower lever) dan tidak melebihi batas atas (upper level), apabila volume air aki tipe basah kurang maka tambahkan sampai batas atas atau di garis upper level. Jika pada Aki tipe kering mengalami kelemahan tenaga saat proses starter Anda bisa menchrager nya ke tempat jasa charger aki.

3. Perbedaan dari penguapan elektrolitnya

Pada aki kering di saat mengalami kenaikan suhu panas elektrolit pada aki akan mengalami penguapan akan tetapi dengan jumlah yang minim atau sedikit, sedangkan pada elektrolit aki tipe basah akan cenderung lebih cepat mengalami penguapan sehingga jumlah air aki pada aki tipe basah akan lebih cepat habis.

4. Perbedaan dari pengisian ulang elektrolitnya

Bahas Tuntas 5 Perbedaan Utama Pada Aki Basah Dan Aki Kering
Bahas Tuntas 5 Perbedaan Utama Pada Aki Basah Dan Aki Kering

Jika elektrolit pada aki tipe basah di level kurang maka dapat di isi ulang menggunakan air suling , sedangkan pada aki tipe kering apabila elektrolitnya berkurang maka tidak dapat diisi ulang.

5. Perbedaan dari harganya

Jika kita banding kan kedua aki mengenai harganya maka harga aki kering akan lebih mahal dibandingkan dengan harga aki basah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.