Dampak Buruk Bagi Motor Jika Mencuci Motor Pakai Sabun Colek Dan Detergen

Dampak Buruk Bagi Motor Jika Mencuci Motor Pakai Sabun Colek Dan Detergen

Dampak Buruk Bagi Motor Jika Mencuci Motor Pakai Sabun Colek Dan Detergen

Dampak Buruk Bagi motor Jika Mencuci Motor Pakai Sabun Colek Dan Detergen. Menjaga motor tetap bersih dengan mencucinya secara berkala merupakan salah satu kewajiban semua pengendara. Ditambah lagi, cuaca yang tidak menentu, hujan dan panas di hari yang sama membuat motor Anda cepat menjadi kotor. Karena faktor tersebut Anda pasti nya ingin selalu melihat motor Anda terlihat bersih, tetapi seringkali Anda tidak memiliki waktu untuk membawa motor Anda ke tempat cuci motor, sehingga Anda memutuskan untuk mencucinya sendiri dirumah. Namun, kejadian yang tidak diduga bisa saja terjadi, seperti misalnya sampo motor yang biasa Anda gunakan untuk mencuci motor sedang habis. sehingga saat kondisi tersebut agar tetap bisa mencuci motor, kemudian muncul pemikiran untuk menggunakan sabun lain yang ada dirumah, seperti sabun colek atau deterjen.

Sebenarnya, bisakah Anda menggunakan sabun colek atau deterjen?

Jawabannya tentu saja bisa. karena sabun colek dan deterjen juga termasuk sabun yang berfungsi untuk membersihkan, Bisa saja Anda menggunakan nya untuk mencuci motor anda dengan menggunakan alternatif seperti sabun colek atau deterjen. Namun, yang dipertimbangkan sebenarnya bukan bisakah akan tetapi adalah bolehkah Anda menggunakan sabun-sabun yang tidak dibuat khusus untuk mencuci motor Anda. Jadi saat Sebelum anda mencuci kendaraan menggunakan sabun colek dan deterjen, pimikirkan terlebih dahulu apakah yang akan terjadi dengan komponen motor Anda.

Apa yang akan terjadi jika Anda menggunakan sabun colek dan deterjen untuk mencuci motor Anda?

Dampak Buruk Bagi Motor Jika Mencuci Motor Pakai Sabun Colek Dan Detergen

Dampak Buruk Bagi Motor Jika Mencuci Motor Pakai Sabun Colek Dan Detergen

Yang akan terjadi adalah cat motor Anda pada bagian bodi akan pudar. Hal tersebut terjadi karena sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia keras bersifat korosif yang tentu bisa merusak lapisan cat yang ada pada bodi motor apabila Anda gunakan pada bodi motor. Selain itu, sabun colek bisa meninggalkan noda putih yang dapat membekas di motor Anda.

Jadi, jawabannya adalah Anda tidak disarankan untuk mencuci kendaraan menggunakan sabun colek maupun deterjen. Mungkin Anda berpikiran bahwa dengan memakai sabun colek dan deterjen, Anda bisa menghemat uang daripada harus pergi keluar untuk membeli sampo khusus motor. Namun, Anda tidak seharusnya berpikiran seperti itu karena justru sebaliknya Anda akan mengeluarkan kocek lebih banyak untuk mengecat ulang motor.

Tetapi, sabun colek atau deterjen diperbolehkan untuk digunakan mencuci di beberapa komponen motor seperti ban, velg maupun pada bagian mesin, karena deterjen maupun sabun colek dapat bekerja dengan baik melawan noda seperti lumpur, oli, minyak, dan lain-lain. Untuk bagian bodi, Anda disarankan untuk tetap menggunakan sampo motor yang memang memiliki zat kimia yang tidak merusak cat motor, namun tetap ampuh melawan noda.

Untuk Kesimpulannya, Anda sebaiknya menggunakan sabun khusus untuk motor Anda karena sabun colek maupun deterjen dapat merusak cat motor dan membuat tampilan motor menjadi semakin tidak enak dipandang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.