Masih Banyak Jenis-Jenis Obeng Yang Belum Kalian Ketahui di Negara Lain

Banyak Nya Jenis Jenis Obeng Yang Belum Kalian Ketahui. Obeng adalah sebuah alat yang di ciptakan dan digunakan untuk mempermudah dalam mengencangkan atau mengendorkan baut yang terikat dengan sebuah komponen.

Jenis jenis Obeng

Obeng terdiri dari empat jenis model yang digunakan di seluruh dunia. Jenis yang sangat umum di Indonesia adalah model Phillips yang populer disebut obeng kembang atau plus (+) dan slotted yang sering disebut obeng minus (-). Jenis obeng lain yang digunakan di negara-negara lain antara lain Torx (bintang segi enam), hex (segi enam), dan Robertson(kotak).

Umumnya satuan ukuran obeng terbagi menjadi 3 ukuran yaitu: obeng kecil, sedang dan besar. Namun tak berbeda dengan peralatan kunci, obeng pun memiliki satuan ukuran yang berbeda beda.Obeng plus, memiliki ukuran berdasarkan ketumpulan mata, yang pertama Obeng dengan ukuran 1 x 75 berarti mata plus lancip dengan panjang gagang 75 mm.

Yang kedua Obeng dengan ukuran 2×100 berarti mata obeng lebih tumpul dari contoh Obeng yang pertama dengan panjang gagang 100 mm. Sedangkan untuk ukuran obeng minus (-) satuan nya lebih mudah untuk di fahami. Contoh ukuran Obeng minus dengan ukuran 5 x 75 yang berarti lebar ujung obeng 5 mm dengan panjang obeng 75 mm. Dalam Penggunaan nya obeng harus memperhatikan ketepatan mata obeng dengan sekrup atau baut, agar kepala sekrup tidak mudah rusak atau aus. Panjang/pendeknya obeng juga perlu disesuaikan dengan ruang yang tersedia dan berpengaruh juga terhadap kekuatan tenaga yang di perlukan contoh penggunaan Obeng yang sesuai dan lebih panjang berarti tenaga yang di keluarkan jadi lebih sedikit. Untuk masalah ketelitian lebih di saran kan menggunakan Obeng dengan gagang yang lebih pendek seperti untuk menyetel karburator dan obeng dengan gagang pendek juga dapat mempermudah dalam proses pelepasan dan pengencangan baut di kondisi tempat yang sempit

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.