Bahas Tuntas Pengertian Dan Jenis-Jenis Bearing

Pengertian Dan 4 Jenis Bearing Beserta foto. Bearing atau klaher yang dalam Bahasa indonesia nya berarti bantalan. Dalam Bahasa mekanik komponen bearing adalah salah satu elemen mesin yang memiliki fungsi untuk membatasi gerak relatif atau basic antara dua atau lebih komponen mesin agar selalu dapat bergerak pada arah yang diinginkan. Bearing menjaga poros (shaft) agar selalu berputar mengikut sumbu porosnya, atau juga menjaga komponen yang bergerak secara linier agar selalu berada pada jalurnya.

Bearing atau Bantalan merupakan salah satu bagian dari elemen mesin yang di ciptakan dan memegang peranan penting karena fungsi dari bantalan sendiri yaitu untuk menumpu sebuah poros agar poros dapat berputar tanpa terjadinya gesekan yang berlebihan. Untuk kontruksi nya Bantalan harus memiliki daya tahan yang cukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik.

Bearing atau klaher ini umumnya di produksi dengan bentuk bulat. Bearing pada mobil dipasang pada as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya.
Tujuan dari bantalan balok untuk mengurangi gesekan rotasi dan mendukung radial dan aksial beban.

Jenis jenis Bantalan atau bearing

Bearing (Bantalan) banyak jenis dan macamnya, mulai dari bantalan bola ( ball bearing), bantalan jarum (needle bearing), bantalan gesek dan lain sebagainya. Jenis-jenis Elemen bearing (Roll Bearing) Ada 5 jenis rolling-elemen yang digunakan di bantalan (bearing):

Bola (Ball Bearing)

Bantalan bola menggunakan bola baja untuk membawa beban yang diterapkan agar sisi luarnya berputar dan sisi dalam nya diam. Karena ada titik kontak (dibandingkan dengan kontak line untuk bantalan tol (Roll Bearing) beban daya dukung lebih rendah dari pada bantalan rol (Roll Bearing). Bantalan rol dapat mendukung kedua arah Radial (Tegak Lurus pada poros) dan arah Aksial beban (Parelel ke poros). Untuk bantalan atau bearing ringan dimuat, sehingga bola menghasilkan gesekan lebih rendah dari rol. Self-menyelaraskan bantalan bola juga dapat berkerja ketika cincin atau ring bantalan sejajar. Bantalan bola yang paling umum digunakan adalah bantalan bola dalam alur. Bola presisi biasanya lebih murah untuk menghasilkan dari pada bentuk seperti rol, dikombinasikan dengan volume tinggi penggunaan, bantalan sering jauh lebih murah daripada bantalan lain dari bentuk yang sama.

Rol Silinder (Cilindrical Roller)

Bantalan rol pada umum menggunakan silinder dengan panjang sedikit lebih besar dari di bandingkan diameter jarumnya. Bantalan rol biasanya memiliki kapasitas dan ketahanan beban lebih tinggi di bawah beban tegak lurus ke arah yang di dukung primer. Jika ras di dalam dan di luar tidak sejajar, daya dukung sering turun dengan cepat dibandingkan dengan baik bantalan bola atau bantalan rol bola. Bantalan rol dikenal sejak 40 SM.

Rol Jarum (Needle Roller)

Bantalan rol jarum menggunakan silinder dengan ukuran yang panjang dan tipis. Seringkali ujung lancip ke titik, dan ini digunakan untuk menjaga roller captive, atau mereka mungkin hemispherical dan tidak captive tapi dipegang oleh poros sendiri atau pengaturan yang sama. tipis nya ketebalan roller, sehingga diameter luar bantalan ini hanya sedikit lebih besar dari lubang di tengah, Namun diameter kecil pada rol harus menekuk tajam dimana mereka menghubungi ras, dan dengan demikian bantalan bergerak relatif cepat.

Rol Tirus (Tapered Roller)

Bantalan tirus menggunakan roller berbentuk kerucut yang berjalan pada as kerucut. Bantalan rol kebanyakan hanya mengambil beban arah radial atau aksial, tetapi bantalan rol tirus mendukung beban radial dan aksial, dan umumnya dapat membawa beban lebih tinggi dari bantalan bola karena bidang kotak yang lebih besar. Tapi bantalan rol yang digunakan misalnya, sebagai bantalan di roda pada kendaraan darat. Kerugian untuk bantalan ini adalah bahwa karena kompleksitas manufaktur, bantalan rol tirus biasanya lebih mahal dari pada bantalan berbentuk bola, dan selain itu di bawah beban berat rol tirus seperti irisan dan beban bantalan cenderung mencoba untuk mengeluarkan roller, kekuatan dari kerah yang menjaga roller dari bantalan dapat menambah gesekan pada bantalan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.