Tips Cara Menambah Dan Mengganti Minyak Rem Pada Motor

Tips Cara Menambah Dan Mengganti Minyak Rem Pada Motor

Tips Cara Menambah Dan Mengganti Minyak Rem Pada Motor

Tips Cara Menambah Dan Mengganti Minyak Rem Pada Motor. Seiring dengan waktu kadang performa rem cakram di sepeda motor yang anda kendarai menjadi menurun atau tidak pakem lagi, selain kondisi kampas rem yang sudah aus kemungkinan penyebabnya karena kondisi minyak rem yang sebagian membeku atau menggumpal. Selain itu bisa jadi penyebabnya karena adanya kebocoran di selang rem. Nah jika anda mengalami hal tersebut atau sekedar ingin mengganti selang rem motor atau part di dalam master rem yang lebih bagus, tentunya kita harus juga harus mengganti minyak rem.

  • Pertama kita sediakan dulu minyak rem, MB pilih minyak rem DOT3 dengan ukuran botol 300 dengan harga sekitar 20rb. Untuk merk sendiri sebenarnya tidak mengikat bisa pilih minyak rem merk Jumbo, Prestone, Castrol, Motul, atau minyak rem standar OEM yang biasa dijual di dealer-dealer resmi motor. untuk system pengereman ABS baiknya menggunakan minyak rem DOT4.Hasil gambar untuk Tips Cara Menambah Dan Mengganti Minyak Rem Pada Motor
  • Setelah minyak rem siap gunakan kunci inggris atau kunci ring/pass/sock no 8 untuk mengendorkan baut saluran pembuangan minyak rem. Sediakan juga selang kecil yang nantinya dipasang di baut pengeluaran minyak rem supaya minyak rem yang keluar tidak luber kemana-mana. Selain itu sediakan juga lap dan air secukupnya untuk mengantisipasi/ membersihkan bagian dari motor terkena minyak rem karena jika minyak rem ini terkena lapisan cat, cat di bagian motor tersebut akan beresiko rusak atau kusam.
  • Buka penutup kotak/wadah penyimpanan minyak rem, pastikan wadah minyak rem tidak goyang supaya minyak rem tidak tumpah. Perlu diperhatikan minyak rem di wadah minyak rem tersebut jangan sampai habis, karenanya isi atau tambah jika wadah minyak rem ini kurang dari low level.
  • Selanjutnya setelah selang rem terpasang kita kendorkan baut untuk menguras minyak rem secara perlahan-lahan (jangan terlalu kendor) sampai minyak rem keluar sedikit. Tunggu beberapa saat sambil pelan-pelan menginjak pedal rem beberapa kali sampai gelembung udara ikut keluar dengan minyak rem. Nah gelembung-gelembung udara inilah yang menjadi penyebab minyak rem tidak mampu menekan piston juga kampas rem.
  • Tunggu sekitar 15 menit dengan kondisi baut pengeluaran rem tidak terlalu kendor ataupun terlalu kencang, biarkan selama 7 menit tanpa diinjak-injak pedal rem sehingga minyak rem akan keluar sedikit demi sedikit. Biasanya masih ada gelembung-gelembung udara kecil yang sedikit demi sedikit keluar melalui minyak rem. Setelah yakin tidak ada lagi gelembung-gelembung udara yang keluar kencangkan lagi baut pengeluaran minyak rem, tekan pedal rem beberapa kali sampai pedal rem ketika ditekan mulai terasa keras.Hasil gambar untuk Tips Cara Menambah Dan Mengganti Minyak Rem Pada Motor
  • Kalau seandainya masih belum terasa keras bisa kendorkan lagi baut pengeluaran minyak rem sedikit sampai benar-benar yakin tidak ada lagi gelembung udara yang keluar seperti langkah 5 di atas. Terakhir bersihkan semuanya dan jangan lupa kencangkan baut pengeluaran minyak rem.

Catatan, kalau rem masih blong atau kurang pakem bisa jadi kampas rem perlu diganti.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.