Cara Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic Dan Mobil Manual

A. Mobil Matic

Ketika mobil anda tiba – tiba mogok atau tidak bisa di hidupkan ketika awal akan menggunakannya, dan sudah jelas penyebab utamanya ialah karena aki mobil anda tekor, cara mengatasi aki mobil tekor versi matic ini tidaklah sesulit yang kita bayangkan, hanya saja dalam prakteknya membutuhkan aki mobil yang normal, atau bisa dengan bantuan mobil lain dengan cara men jumper Peringatan saat akan menjumper dahulukan pasang kabel positif baru negatif.

Cara Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic Dan Mobil Manual
Cara Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic Dan Mobil Manual

Pertama tama jelas yang anda butuhkan adalah dua kabel khusus jumper, kemudian hubungkan aki mobil yang mati dengan aki mobil normal. Jika aki mobil normal terpasang pada mobil, disarankan untuk menghidupkan mobil, bersamaan itu hubungkan kabel jumper sesuai kutub plus dan minusnya.

Lalu jika sudah, kedua sobat diwajibkan untuk mematikan segala piranti aksesoris elektronik pada mobil, seperti audio mobil, AC, dan semua bagian pencahayaan yang dapat di matikan. Selanjutnya tinggal hidupkan mobil yang memiliki aki normal, untuk kemudian kabel jumper di pasang pada katub aki mobil mati, dan mobil dengan aki mati dihidupkan.

Ketika sudah hidup, lepaskan kabel jumper tadi secara perlahan, dan stabilkan RPM pada angka 1000 atau bisa lebih sedikit dalam beberapa waktu, dan terus nyalakan sampai lebih dari 15 menit, supaya daya aki tekor tadi dapat terisi kembali.

sebagai catatan, pada waktu akan men jumper mobil yang bertransmisi matic, posisikanlah transmisi mobil pada mode P (Parkir), guna menjaga keamanan pengguna dan orang lain, atau lebih tepatnya agar menjaga mobil tetap pada posisi berhenti.

B. Mobil Manual

Untuk langkah – langkah cara mengatasi aki mobil tekor pada versi mobil manual tidak berbeda jauh dibanding dengan mobil matic. Bisa juga dengan cara men jumper menggunakan aki mobil lain atau aki normal lainnya, atau bisa pula menggunakan cara alternatif kedua jika pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk bisa menemukan aki normal atau kabel jumper.

Cara kedua ini yaitu menghidupkan mesin dengan cara dorongan, yang sebelumnya transmisi mobil masukan ke posisi gigi 3 atau 4, kemudian injak pedal kopling penuh, lalu di dorong kuat plus cepat hingga jarak 5 sampai 10 meter, dan jika sudah mencapai jarak yang sudah di tentukan, lepaskan pedal kopling perlahan.

Cara Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic Dan Mobil Manual
Cara Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Matic Dan Mobil Manual

Bila mobil sudah berhasil dihidupkan kembali, sekarang tinggal biarkan mobil tetap hidup dalam waktu kurang lebih 20 menitan, agar aki mobil yang tekor ini dapat terisi kembali.

Bagaimana menurut sobat mengenai cara mengatasi aki mobil tekor yang kami sampaikan diatas ? mudah bukan untuk mempraktekannya, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi yang mengalami aki tekor dan mobil mogok di jalanan. Demikian yang dapat kami sampaikan seputar Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor, simak pula informasi seputar otomotif lainnya 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.