Cara Menghindari Razia Polisi Ilegal Saat Di Jalan Raya

Cara Menghindari Razia Polisi Ilegal Saat Di Jalan Raya
Cara Menghindari Razia Polisi Ilegal Saat Di Jalan Raya

1. Lengkapi surat-surat kendaraan

Langkah pertama adalah dengan melengkapi surat kendaraan, jika surat kendaraan sudah komplit maka kita tidak usah kawatir lagi terkena razia polisi yang ilegal atau legal. Surat-surat kendaraan yang harus di selalu dibawa diantaranya adalah STNK dan Juga SIM. Kedua kelengkapan tersebut harus selalu sobat bawa sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor dan juga Surat Ijin mengemudi. Jika surat tersebut sudah ada maka sobat Otomotif tidak usah takut lagi akan terkena razia polisi.

2. Kelengkapan Kendaraan

Jika sobat sudah memiliki surat-surat kendaraan dengan lengkap maka langkah selanjutnya agar tidak terkena tilang polisi di jalan adalah dengan kelengkapan kendaraan yang dibawa. Pastikan motor yang sobat bawa sudah sesuai dengan standar pabrikan sehingga aman dari razia polisi. Bahkan hal-hal kecil juga wajib di perhatikan seperti tutup angin ban motor atau pentil Ban, kaca Spion, Lampu dan tampilan fisik motor tidak ada yang berubah seperti awal Anda beli.

3. Gunakan Helm Standar

Langkah selanjutnya untuk cara menghindari Razia polisi di jalan adalah dengan menggunakan Helm. Pastikan sobat otomotif menggunakan helm dengan logo SNI dan juga sudah mengunci helm agar lebih aman. Hal tersebut juga berlaku untuk sobat yang menggunakan motor berboncengan, pastikan pembonceng sudah menggunakan helm dengan benar sesuai dengan aturan yang tentukan.

4. Pahami Peta Jalan yang akan di tuju

Jika terpaksa saat Anda berkendara ada beberapa yang mengganjal seperti kurang lengkap nya surat kelengkapan kendaraan maka sobat bisa menggunakan jalan tikus untuk menghindari razia polisi. Namun biasanya Polisi juga lebih pintar dengan menggunakan jalan yang sulit untuk di cari jalan tikusnya. Bahkan beberapa kejadian razia polisi melakukan operasi nya di berbagai tempat yang tidak memungkinan pengguna jalan untuk melakukan putar balik yang inti nya saat Anda mersa tidak lengkap dari surat maupun kewajiban pengendara lainnya tetap fokus lah ke jalan dengn sudut pandang yang lebih jauh.

5. Update Info jadwal Razia Polisi

Tips selanjutnya untuk terhindar dari Razia Polisi di jalan adalah dengan selalu update tentang informasi seputar razia dan mengetahui jadwal razia polisi di kota sobat. Ada banyak sekali informasi menggenai razia polisi di berbagai tempat. Jika sudah mengetahui jadwal tersebut maka sobat bisa menghindarinya dan mencari tempat atau jalan lain agar tehindar dari razia polisi.  Atau bahkan dengan sudah tahu jadwal polisi sobat bisa melengkapi kelengkapan surat berkendara.

6. Urungkan Perjalanan

Langkah berikutnya terbilang cukup simple yakni hanya dengan membatalkan perjalanan saja. Di saat sudah tidak ada pilihan lain sobat hanya tinggal mengurungkan perjalanan atau nekad menerobos razia polisi dengan harapan tidak di periksa. Namun jangan sampai menerobos dalam hal yang tidak benar yang nantinya malah akan membahayakan sobat.

7. Ikut teman atau naik angkot/taxi


Jika Anda sudah tau bahwa di kota Anda akan di mulai operasi zebra sebaik nya sobat memilih untuk naik angkot atau ikut teman yang sudah memiliki kelengkapan dalam berkendara untuk sementara waktu.

Nah itu dia beberapa tips agar terhindari dari razia polisi yang benar. Kami sarankan untuk sobat Otomotif yang memang belum memiliki surat-surat kendaraan dan kelengkapannya maka lebih baik segera untuk melengkapinya. Selain itu tertib berlalu lintas hal tersebut akan semakin membuat kita menggetahui pentingnya aturan berkendara yang baik dan benar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.