Cara Mudah Penggunaan Alat Ukur Tipe Mekanik Straight Edge Secara Tepat

Cara Mudah Penggunaan Alat Ukur Straight Edge Secara Tepat. Dalam dunia otomotif alat ukur merupakan salah satu hal terpenting untuk mengetahui atau untuk memeriksa sebuah komponen apakah masih dalam keadaan baik atau sudah aus. kali ini saya akan menjelaskan sebuah alat ukur tipe mekanik yaitu straight edge.
Alat ukur ini memiliki fungsi yaitu untuk mengukur kebengkokkan dan kerataan dari permukaan suatu komponen.

Alat ukur straight edge ini memiliki prinsip kerja yang hampir mirip dengan mistar baja, namun pada straight edge tidak memiliki skala ukuran panjang seperi cm dan bentuk yang lebih tebal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan kontruksi atau bentuk alat ukur straight edge di bawah ini :

Cara Mudah Penggunaan Alat Ukur Tipe Mekanik Straight Edge Secara Tepat
Cara Mudah Penggunaan Alat Ukur Tipe Mekanik Straight Edge Secara Tepat

alat ukur ini digunakan bersamaan dengan alat ukur feeler gauge untuk mengukur kerataan dari permukaan salah satu nya pada kepala silinder, kerataan permukaan blok silinder, kerataan manifold dan lain sebagainya.

Cara menggunakan straight edge

Misal, untuk melakukan pemeriksaan kerataan kepala silinder pada sebuah mesin kendaraan mobil dapat dilakukan dengan cara :

  • Bongkar komponen kepala silinder dari body mesin
  • Bersihkan kepala silinder dari kemungkinan adanya bekas-bekas gasket, oli atau kotoran-kotoran lainnya. Karena jika ada terdapat kotoran pada bagian permukaan kepala silinder yang akan diperiksa maka akan menggangu hasil pemeriksaan menjadi tidak tepat.
  • Lakukan pemeriksaan kerataan pada permukaan kepala silinder atau bagian bawah nya (katup-katup),menggunakan alat ukur straight edge dan feeler gauge.
  • Letakkan alat ukur straight edge pada permukaan kepala silinder atau katup katup kemudian periksa celah antara permukaan kepala silinder dengan straight edge menggunakan feeler gauge namun pengukuran tidak hanya satu sisi saja namun semua sisi seperti sisi kanan kiri atas bawah dan secara silang .
  • Catat data semua sisi dan Baca hasil pengukuran celah antara permukaan kepala silinder dan straight edge dengan menggunakan alat ukur feeler gauge.

Lakukan pemeriksaan permukaan kerataan kepala silinder pada berbagai posisi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

Cara Mudah Penggunaan Alat Ukur Tipe Mekanik Straight Edge Secara Tepat
Cara Mudah Penggunaan Alat Ukur Tipe Mekanik Straight Edge Secara Tepat

Bandingkan hasil pengukuran dengan nilai spesifikasi kendaraan tersebut untuk menentukan langkah selanjutnya apakah kepala silinder harus diratakan permukaannya atau diganti atau kondisi permukaan kepala silinder dalam kondisi rata.

Apabila permukaan kepala silinder tidak rata maka dapat menyebabkan terjadinya kebocoran tekanan di dalam ruang bakar yang akan mempengaruhi kinerja dari mesin tersebut dan dapat beresiko terhadap komponen lain juga seperti ring piston dan komponen yang lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.