Fitur Modern Terbaru, Parkir Mobil Secara Otomatis Cuma Tekan Botton

Fitur Modern Terbaru Parkir Otomatis Pada Mobil
Fitur Modern Terbaru Parkir Otomatis Pada Mobil

Fitur Modern Terbaru, Parkir Mobil Secara Otomatis. Berkat pengembangan teknologi, pengemudi mobil makin dipermudah. Salah satunya adalah fitur parkir otomatis yang jadi solusi bagi banyak pengemudi yang kesulitan saat parkir. Terutama pada kondisi yang mengharuskan memarkir mobil dengan posisi paralel atau bersambung lurus.

Dengan Berkembangnya teknologi fitur parkir otomatis ini sudah mulai di kembangkan sejak dua dekade lalu. Mulai dari hadirnya sensor parkir pada 2003 dan pertama kali digunakan pada Toyota Prius.

Sensor jarak itu memancarkan gelombang ultrasonic yang di sematkan pada bumper. Selain berfungsi untuk mendeteksi keberadaan benda di sekitar mobil, sensor itu juga mengukur jarak dengan benda terdekat yang diterjemahkan lewat suara ‘bip’. Semakin dekat benda, semakin cepat pula interval suara.

Hasil gambar untuk Fitur Modern Terbaru Parkir Otomatis Pada Mobil

Setelah sensor parkir, teknologi kamera parkir pun hadir di mobil. Teknologi visual ini membantu pengemudi mendapatkan gambaran bagian belakang dengan lebih jelas dan akurat. Bahkan untuk mobil yang lebih mewah, sudah banyak yang dilengkapi kamera di sekeliling mobil untuk mendapatkan citra di sekitar mobil.

Pengembangan teknologi itu tidak berhenti. Melanjutkan sistem sensor dan kamera parkir, kini mobil dapat parkir secara otomatis dan dengan jarak yang presisi. Fitur parkir otomatis memanfaatkan kombinasi teknologi sensor yang bertugas sebagai transmitter dan receiver, serta kamera parkir dengan perangkat lunak canggih.

Sensor mengirim sinyal yang akan memantul setelah menyentuh objek. Lalu on-board computer mengkalkulasi waktu yang dibutuhkan perjalanan pulang-pergi sinyal tadi untuk menentukan letak objek. Kamera parkir juga digunakan untuk menentukan lokasi objek. Pada mobil yang lain, juga menggunakan radar.

Beberapa sistem itu memiliki tujuan yang sama yakni mendeteksi berbagai objek di sekitar mobil, mengukur ruang parkir dan jarak mobil dengan pembatas jalan, serta mengendalikan mobil untuk masuk ke ruang itu.

Pengoperasiannya mudah meski berbeda-beda pada setiap pabrikan mobil. Salah satunya seperti yang tersedia di jajaran mobil Mercedes-Benz.

Dengan menekan tombol dan mengaktifkan lampu sein sesuai arah tempat parkir. Setelah itu sistem mobil membaca ruang parkir yang tersedia, layar MID pada panel instrumen akan menuntun Anda untuk menggerakan tuas transmisi ke posisi ‘R’ atau mundur.

Selanjutnya, pengemudi tinggal melepaskan kaki dari pedal rem dan menyerahkan kemudi pada sistem yang diatur on-board computer melakukan tugasnya. Kemudi akan berputar otomatis mengarahkan mobil ke posisi parkir dengan sempurna. Canggih!

Bahkan beberapa mobil terbaru saat ini dapat parkir otomatis yang dikendalikan via smartphone. Jangan kaget jika dalam 5-10 tahun ke depan, Anda akan sering melihat mobil berjalan sendiri di area parkir mall.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.