Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil

Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil
Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil

Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil. Menambah dan meningkatkan performa akselerasi pada mesin mobil sudah menjadi hal lazim dilakukan para pecinta balap dan modifikasi. Termasuk mengganti komponen mesin berjenis high performance dan menggunakan Nitrous Oxide System (NOS). Perangkat atau komponen NOS tidak hanya sebagai aksesoris tpi juga diyakini dapat meningkatkan performa akselerasi mobil secara instan sesuai kecepatan yang di inginan pengemudi.

Sekarang Banyak orang yang mengganggab kalau NOS adalah satu satu nya nitrous, yang sering tertulis pada tabungnya, akan tetapi sebenarnya NOS adalah hanya sebuah merek produk terkenal nitrous yang di miliki oleh Holley Performance. Masih ada banyak lagi merek nitrous lain yang beredar di pasaran.

Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil
Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil

Dalam Tabung nitrous berisi gas nitrous oxide atau N2O cair yang terdiri dari 2 atom nitrogen dan 1 atom oksigen. Ketika dipanaskan hingga sekitar 300 derajat Celcius (suhu saat langkah kompresi dan pembakaran), hubungan antara nitrogen dan oksigen akan pecah. Hal itu akan menambah jumlah oksigen di dalam ruang bakar.

Agar rasio bahan bakar dan udara tetap optimal, bahan bakar pun disuplai lebih banyak. Hal inilah yang membuat ledakan lebih besar dan menghasilkan torsi di roda lebih besar serta mempercepat akselerasi. Prinsipnya mirip turbocharger yang menyuplai banyak oksigen ke ruang bakar. Tapi, hal ini bisa tercapai setelah waktu pengapian diset ulang agar tidak terjadi ledakan dini.

Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil
Fungsi Nos Atau Nitrous Sebenarnya Untuk Mobil

Nitrous dikemas dalam tabung tekanan tinggi termasuk katupnya, sehingga tak mudah meledak atau bocor. Seberapa banyak gas yang disuplai diatur oleh nozzle di tabung. Ketika disalurkan ke ruang bakar, suhu gas N2O ini sangat rendah atau dingin. Kondisi itu dapat menurunkan suhu gas oksigen yang masuk melalui intake mesin dan meningkatkan kepadatannya hingga masuk ke ruang bakar. Penurunan suhu juga terjadi untuk ruang bakar itu sendiri. Mendinginkan mesin ini menjadi salah satu peran dari gas nitrogen.

Nitrous yang masuk mengikuti saluran udara dari intake mesin ini memiliki dua jenis, sistem kering dan basah. Sistem kering hanya mengalirkan nitrous dan membutuhkan kerja electronic fuel injection (EFI) untuk menambah jumlah bahan bakar ke ruang bakar. Sedangkan sistem basah, mengalirkan nitrous dan bahan bakar secara bersamaan agar rasio bahan bakar dan oksigen tetap terjaga.

Biasanya satu paket nitrous mencakup tabung, pipa, solenoid, nozzle dan kabel. Umumnya, tabung nitrous diletakkan di bagasi mobil dan pipa stainless steel menuju ke ruang mesin. Solenoid digunakan untuk mengoperasikan katup buka-tutup tabung nitrous secara elektris. Solenoid juga terhubung ke nozzle di intake manifold sebagai jalan masuk nitrous ke ruang bakar.

Penggunaan nitrous biasanya dibarengi dengan upgrade beberapa komponen mesin performa tinggi atau untuk kompetisi. Seperti piston, sistem pendingin mesin dan sistem penggerak. Dalam arti, kekuatan material komponen itu mampu menahan impak dan suhu tinggi yang dihasilkan oleh proses pembakaran mesin. Sedangkan komponen mesin standar tidak dirancang untuk itu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.