Keutamaan Dan Fungsi Akumulator, accu, aki, atau baterai 12v, 24v Pada Kendaraan

Akumulator, accu, aki, dan baterai 12v, 24v
Akumulator, accu, aki, dan baterai 12v, 24v

Keutamaan dan fungsi Akumulator, accu, aki, dan baterai 12v 24v. Akumulator atau sering di sebut accu baterai, dan aki adalah sebuah komponen yang diciptakan untuk menyimpan energi yang berupa energi listrik dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator atau aki adalah seperti  baterai dan kapasitor.

Pada umumnya di negara Indonesia, kata atau penyebutan akumulator atau sebagai aki atau accu hanya dimengerti sebagai “baterai”pada mobil. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengarah kepada seperti baterai, kapasitor, kompulsator, dan lain-lainnya.

di dalam satuan standar internasional setiap satu cell di dalam akumulator memiliki atau dapat menyimpan tegangan listrik sebesar 2 volt. sehingga aki dengan tegangan 12 volt memiliki 6 cell, sedangkan aki dengan tegangan 24 volt memiliki 12 cell.

Aki atau baterai merupakan komponen utama pada kendaraan yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil sebagai sumber energi listrik. Aki temasuk sel sekunder, karena selain dapat menghasilkan tenaga arus listrik, aki juga dapat di isi arus ulang listrik kembali dengan cara di charger atau penambahan air accu. secara sederhana aki atau accu merupakan kumpulan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan dengan lambang PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4 ( asam sulfat)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.