Mengenal Lebih Jelas Apa Sih CDI itu Pada Kendaraan ?

CDI adalah kepanjangan dari CAPACITOR DISCHARGE IGNITION yang mana fungsinya adalah untuk mengatur percikan bunga api dari spull pengapian atau dari Aki kemudian diteruskan pada koil dan busi motor. salah satu komponen atau bagian kendaraan bermotor yang mempunyai fungsi vital di dalam pengapian atau pembakaran kendaraan bermotor.

CDI yang dilengkapi dengan koil yang fungsinya untuk memperbesar arus listrik yang tadinya hanya 12volt dan setelah keluar dari koil akan menjadi ribuan volt.

Capacitor Discharge Ignition atau CDI adalah salah satu dari komponen utama motor atau kendaraan lainnya kecuali yg menggunakan platina, dengan memanfaatkan energi yang tersimpan dalam kapasitor yang kemudian meneruskan tegangan tersebut ke Koil pengapian, lalu menghasilkan tegangan output yang tinggi setelah keluar dari koil, dengan tegangan yang beratus ratus volt untuk memperoleh Spark dari busi untuk dapat memantik campuran gas diruang bakar. 

Semakin kuat dan besar energi yang tersimpan didalam kapasitor, akan semakin besar pula energi yang di hasilkan busi untuk memantik campuran bakar bahan bakar, dan dengan catatan ukuran tertentu akan memudahkan spark untuk menembus kompresi yg tinggi ataupun campuran udara dan bahan bakar dari throttle yg lebih besar.

Dari penjelasan diatas, kita bisa simpulkan bahwa CDI pada sebuah kendaraan bermotor mempunyai peran penting yang sangat besar untuk mendongkrak kinerja kendaraan bermotor. Jika CDI yang kita gunakan dalam kondisi yang baik, maka pengapian keseluruhan yang dihasilkan pada sistem pembakaran juga akan baik, hingga pembakaran dalam ruang bakar akan sempurna dan panas yg dihasilkan dari pembakaran tentunya akan lebih optimal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.