Pembahasan Lengkap Tentang Radiator Dan Komponennya

Pembahasan Lengkap Tentang Radiator Dan Komponennya

Pembahasan Lengkap Tentang Radiator dan komponennya. Radiator adalah salah satu komponen pada sistem pendingin yaitu yang berfungsi untuk penukar suhu panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas pada air radiator ke udara yang tujuannya untuk mendinginkan suhu air yang akan kembali ke dalam mesin. Komponen Radiator yang kita ketahui pada umumnya sering kita lihat digunakan pada kendaraan dan bermotor yaitu roda dua atau roda empat, akan tetapi tidak jarang radiator juga terdapat dan digunakan pada mesin yang memerlukan pendinginan secara ekstra. Seperti pada mesin mesin yang jenis nya untuk produksi atau mesin-mesin lainnya yang jenisnya selalu bekerja dalam kondisi kerja berat atau lama. Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan. Dengan tujuan agar mesin selalu mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai kebutuhan mesin. radiator terdiri dari tangki air bagian atas (upper tank), tangki bagian bawah (lower water tank) dan radiator core pada bagian tengahnya.

Terdapat dua tipe inti pada radiator yang perbedaannya ternyata terletak pada sirip-sirip pendinginnya, yaitu tipe plat atau flat fine type dan tipe lekukan atau corrugated fine tipe.

Hasil gambar untuk sirip sirip radiator tipe lekukan
Pembahasan Lengkap Tentang Radiator Dan Komponennya

Beberapa kendaraan moderen menggunakan radiator versi terbaru yaitu tipe “SR”.

tipe SR, inti radiator SR kepanjangan dari single row yang mempunyai susunan dengan pipa tunggal sehingga kontruksi atau bentuk radiator menjadi tipis dan ringan dibanding radiator tipe lain. Pada bagian atas yaitu tangki radiator di lengkapi dengan lubang tempat pengisian dan penutup radiator. Penutup radiator tidak hanya berfungsi untuk mencegah air radiator agar tidak tumpah, tetapi juga memiliki katup yang berfungsi untuk mengatur arus air pendingin dengan tekanan air dari radiator ke tangki cadangan dan sebaliknya. Dengan demikian jika tutup radiator mengalami kerusakan, maka tidak bisa di ganti dengan sembarang tutup karena Pada komponen tutup radiator mempunyai dua katup penting yaitu katup relief (untuk membuka atau menurus kan air ke tangki cadangan) dan katup vacum (untuk menahan air).

Hasil gambar untuk tutup radiator
Pembahasan Lengkap Tentang Radiator Dan Komponennya

      Apabila air pendingin pada radiator bertambah saat temperaturnya tinggi atau naik, maka tekanan air juga akan bertambah. Bila tekanan pada air pendingin mencapai 0,3-1,0 kg/cm2 pada 110 sampai 120 derajat celcius, sehingga katup akan relief valve terbuka dan membebaskan kelebihan tekanan dari air melalui pipa overflow sehingga sebagian air pendingin masuk ke dalam tangki cadangan untuk menampung sementara air radiator.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.