Bahas Tuntas Pengaruh Besar Flywheel Terhadap Performa Mesin

Pengaruh Besar Flywheel Terhadap Performa Mesin. Poros engkol atau crankshaft menerima tenaga putar dari piston (torak) pada saat di langkah usaha. Akan tetapi tenaga itu akan hilang atau menurun pada langkah langkah lainnya seperti, inertia loss, dan hilangnya tenaga disebapkan karena gesekan dan beban putar lainnya.

Fly wheel atau yang biasa disebut dengan roda gila berfungsi untuk menyimpan tenaga putar (inertia) yang dihasilkan mesin pada langkah usaha, sehingga poros engkol (crank shaft) dapat tetap berputar terus menerus pada langkah langkah lainnya. Hal ini mengakibatkan mesin berputar dengan lembut yang di akibatkan getaran tenaga yang di hasilkan.

Roda gila terbuat dari bahan baja tuang dengan mutu dan kualitas tinggi yang diikat oleh baut pada bagian belakang poros engkol pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual. Komponen Roda atau flywheel gila dilengkapi dengan komponen ring gear yang dipasangkan di bagian luarnya, fungsinya untuk mehubungkan atau mengaitkan dengan gigi pinion dari motor starter. Sehingga flywheel atau roda gila juga dapat berfungsi sebagai penerima tenaga putar dari motor starter, dan kemudian diteruskannya ke poros engkol, sehingga poros engkol dapat berputar dan mesin dapat mulai hidup. Pada kendaraan dengan transmisi otomatis, sebagai pengganti roda gila adalah torque converter.

Roda gila atau yang juga disebut Fly wheel merupakan komponen dalam mesin (mobil) baik diesel maupun bensin. Fungsi Roda Gila atau Fly wheel adalah sebuah masa yang berputar dan dipergunakan sebagai penyimpan tenaga di dalam mesin. Karena dengan adanya komponen Roda Gila putaran yang di hasil kan mesin menjadi selaras dan seimbang. Dan fungsi lain dari Roda gila adalah sebagai tempat di mana peran kopling bekerja. Kopling terpasang pada roda gila berikut tempurung yang seputar sisi bautnya pada roda gila. Permukaan salah satu roda gila di bubut sangat halus. Jadi disamping sebagai penyeimbang tenaga seperti tersebut di atas juga sebagi tempat pemasangan kopling untuk meneruskan atau menyalurkan tenaga dari mesin ke poros gardan.

Bagian tepi roda gila biasanya memiliki cincin bergerigi untuk pertautan dengan roda gigi motor starter pada saat motor dihidupkan. Karena itu tanpa ada nya komponen roda gila hampir tidak mungkin tenaga dari mesin dapat di salurkan ke transmisi. Kalaupun hidup atau di ganti dengan yang lain, putaran mesin menjadi tidak teratur. Bobot atau berat pada roda gila inilah yang menyebabkan putaran poros engkol mantap dan halus. Bobot roda gila pada mesin mobil penumpang atau bis mini dan yang lainnya berkisar 7.5-50 KG.

Flywheel atau Roda Gila adalah komponen mekanikal yang berputar dan digunakan untuk menyimpan energi rotasi. Flywheel memiliki momen atau kekuatan inersia yang signifikan, dan dengan demikian flywheel dapat menahan perubahan kecepatan pada rotasi. Jumlah energi atau momen yang tersimpan dalam roda gila adalah sebanding dengan kuadrat kecepatan rotasi. Energi yang di transfer ke flywheel dengan menggunakan torsi atau shaft, dapat meningkatkan kecepatan rotasi, dan karenanya energi dapat tersimpan. Sebaliknya, flywheel melepaskan energi yang tersimpan dengan melakukan torsi ke beban mekanik, sehingga dapat mengurangi kecepatan rotasi.

Penggunaan umum dari roda gila meliputi:

Menyediakan energi yang terus menerus ketika sumber energi terputus. Misalnya, flywheel yang digunakan untuk menerus kan tenaga dari dalam mesin piston (piston engine / reciprocating engine), karena sumber energi berupa torsi dari mesin, yang berselang tidak konstan. Memberikan energi di luar kemampuan sumber energi yang secara terus menerus. Hal ini dicapai dengan mengumpulkan energi dalam flywheel dari waktu ke waktu dan kemudian melepaskan energi dengan cepat, dengan tingkat yang melebihi kemampuan sumber energi. Mengontrol orientasi dari sebuah sistem mekanik. Dalam aplikasi tersebut, momentum sudut dari flywheel sengaja ditransfer ke beban ketika energi ditransfer ke flywheel atau dari flywheel.

Flywheel biasanya terbuat dari baja dan berputar pada bantalan (bearings) konvensional, dan ini umumnya terbatas pada tingkat revolusi kurang dari 1000 RPM. Beberapa flywheel tipe modern terbuat dari bahan serat karbon dan menggunakan bantalan dari magnet, yang memungkinkan flywheel dapat berputar hingga kecepatan sampai 60.000 RPM.

Roda gila dipasang kokoh pada ujung poros engkol sehingga tidak mudah bergeser dari dudukannya. Ini untuk menjamin agar roda gila, mesin , dan kode penyalaan tetap pada posisi yang benar. Selain itu, tepat ditengah roda gila ada lubang kecil. Bantalan peluru ini bertugas menahan ujung bagian depan poros kopling. Fungsi roda gila (fly wheel) adalah menyimpan tenaga putar (inertia) yang dihasilkan pada langkah usaha, agar poros engkol (crank shaft) tetap berputar terus pada langkah lainnya. Roda penerus terbuat dari bahan baja tuang dengan mutu tinggi yang diikat oleh baut pada bagian belakang poros engkol pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.