Pengen Tahu Sejarah Awal Mesin-Mesin Efi

Pengen Tahu Sejarah awal mesin – mesin efi. Sampai tahun 1960, karburator telah digunakan sebagai system penyaluran bahan bakar. Akan tetapi, dalam tahun 1971 TOYOTA mulai mengembangkan system EFI (Elektronik fuel injection) yang menyalurkan bahan bakarnya kemesin dengan pengaturan injeksi elektronik kedalam saluran masuk (intake port) sama halnya pada karburator.

Ekspor kendaraan-kendaraan yang mesinnya dilengkapi dengan efi telah dimulai pada tahun 1979, crown (5m-3) dan Cressida (4m-E).sejak itu jumlah mesin yang dilengkapi dengan efi semakin meningkat.

Computer pengontrol efi dapat di golongkan ke dalam dua tipe, tergantung pada perbedaan metode yang digunakan untuk menentukan jumlah bahan bakar yang dapat di injeksikan. Salah satunya ialah tipe sirkuit analog (analog circuit type), yang mana pengontrolan waktu injeksi berdasarkan waktu yang di perlukan kapasitor untuk pengisian (charge) dan pengeluaran (discharge). Tipe lainnya adalah tipe pengontrolan dengan mikrokomputer (microcomputer controlled type), yang mana computer ini digunakan untuk menyimpan data dalam memori untuk menentukan masa penginjeksian (injection timing).

Tipe sikuit analaog adalah tipe pertama yang digunakan Toyota pada system efi. Tipe pengontrolan dengan microcomputer digunakan mulai 1981.

System efi yang dikontrol microcomputer yang digunakan pada kendaraan Toyota disebut TCCS (Toyota computer controlled system), yang mana fungsinya tidak hanya mengontrol volume bahan bakar yang di injeksi tetapi juga termasuk; ESA (electronic spark advance); untuk mengatur ignition timing, ISC (Idle speed controlled) untuk mengontrol putaran idle dan mengontrol lainnya; diagnostic dan fungsi fail safe. kedua system ini dapat di klasifikasikan sebagai berikut :

Pengen Tahu Sejarah awal mesin – mesin efi

Sirkuit efi analog dan pengontrol efi dengan microcomputer pada dasarnya adalah sama, tetapi ada beberapa perbedaan yang dapat di lihat pada bagian seperti tingkat pengontrolan (control range) dan ketepatannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.