Bahas Tuntas Pengertian, Fungsi ,Dan Bentuk Kontruksi Kunci Inggris

Pengertian, Fungsi ,Dan Bentuk Kontruksi Kunci Inggris Kunci. inggris atau nama lainnya adjustable spanner dan adjustable wrench adalah kunci yang di ciptakan untuk mempermudah dalam proses melepas dan mengencang kan mur atau baut yang dan kunci Inggris mempunyai kelebihan di ukuran nya yang dapat disetel sesuai besar atau ukuran baut atau mur yang kita lepas atau kencang kan. konstruksi kunci Inggris terdiri dari rahang diam, rahang geser yang dapat di setel ulir penyetel dan handle atau Batang kunci.

Di beberapa negara bagian Eropa seperti jerman portugal, Perancis, Spanyol, Italia, dan barangkali juga di Belanda, adjustable spanner atau kunci Inggris memang sering disebut dengan “english key”. Alasannya karena kunci tersebut ditemukan oleh insinyur yang berasal dari Inggris yang bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Karena Indonesia dulu dijajah Belanda, maka tak heran bila kemudian terjemahan perkakas tersebut ke dalam bahasa Indonesia jadi “kunci inggris”.

Padahal sebenarnya kunci inggris yang dikenal sekarang ini adalah hasil penyempurnaan dari english key yang diciptakan oleh Richard Clyburn tersebut dan yang melakukan penyempurnaan adalah Johan Petter Johansson dari Swedia. Maka tak heran jika di negara seperti Denmark, Polandia, dan Israel, kunci tersebut dikenal dan di sebut dengan nama “Swedish Key”.

Fungsi kunci Inggris (English key)

Kunci inggris adalah kunci yang digunakan secara umum. Kunci inggris digunakan untuk melepas atau mengencangkan mur atau baut dimana ukuran kunci pas dan ring tidak ada yang sesuai maka kunci ini lah yang dapat anda gunakan, akan tetapi sebagai catatan kunci ini tidak ditujukan dan di sarankan untuk beban yang berat. ukuran celah Kunci inggris harus benar-benar sesuai dan tepat dengan ukuran mur atau baut yang akan di lepas atau di kencang kan karena akan berdampak terhadap kepala mur dan baut menjadi bulat karena ukuran kunci Inggris yang kurang tepat.

Desain konstruksi kunci Inggris

Konstruksinya merupaka kunci pas yang dapat di atur, rahangnya dapat bergerak untuk menyesuaikan berbagai ukuran mur dalam rentang tertentu. Kunci inggris terbuat dari bahan campuran baja yang berkualitas tinggi untuk mendapatkan kekuatan, ketahanan dari berbagai cara pemakaian dan suhu sekitar.

Satu dari rahangnya bersatu dengan gagangnya dan tidak dapat digerakan dan rahang yang lainnya dapat di setel bebas bergerak pada gagangya. Sebuah perangkat digunakan untuk mengunci rahang yang bebas bebas bergerak tersebut pada posisi yang diperlukan, kunci inggris ini dibuat dari baja tempa berkualitas tinggi dan permukaanya dilapisi khrom atau difurnish hitang agar tahan lama.

Spesifikasi ukuran kunci Inggris

Rahang tetapnya dibentuk lima derajat terhadap gagang. Gigi lurus sebagai tempat rahang bebas di dalam gagang. Pena pasak yang dikartel memposisikan pengatur di dalam gagang sehingga pena tersebut terpasang dengan gigi pada rack (gigi lurus).

Pengatur yang di kartel digunakan untuk mengatur rahang pada posisi antara nol sampai yang terlebar. Panjangnya dapat mulai 100 mm sampai 450 mm. Digunakan bila kunci pas yang tepat tidak dapat digunakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.