Penjelasan Lengkap, Pentingnya Kode Spesifikasi Pada Ukuran Ban

Penjelasan lengkap, pentingnya Kode spesifikasi pada ukuran ban. Ban merupakan salah satu komponen terpenting dan utama di dalam kendaraan karena kendaraan berjalan di atas ban yang terisi oleh udara yang bertekanan.

Ban merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keamanan dan kenyamanan saat berkendara, namun beberapa pemilik kendaraan sering kali kurang paham saat memilih ban yang akan digunakan pada kendaraannya sehingga penggunaan ban menjadi kurang tepat.

Sebenarnya pada bagian side wall (dinding samping) ban terdapat kode spesifikasi dari ban tersebut sehingga apabila anda akan mengganti ban maka sesuaikan spesifikasi ban yang baru dengan yang lama agar keamanan dan kenyamanan saat berkendara tetap terjaga.

Untuk itu, tidak ada salahnya kita belajar membaca kode spesifikasi yang terdapat pada ban karena terkadang ketidak tahuan pemilik kendaraan tentang kode spesifikasi ban membuat mereka asal-asalan memilih ban yang akan dia gunakan. Terkadang mereka hanya memperhatikan ukuran diameter velg dan lebar bannya saja yang penting sama tanpa melihat spesifikasi yang lainnya.

Ukuran pada ban sebenarnya memiliki kode spesifikasi pada ban yang menunjukan ukuran ban sebenarnya bukan hanya seperti yang kita lihat lebar velg dan diameter ban, kode spesifikasi tersebut memiliki arti seperti beban maksimal kendaraan, kecepatan maksimal kendaraan, jenis ban, aspek ratio ban dan lain sebagainya.

Cara membaca kode spesifikasi pada ban tipe bias

Contoh kode spesifikasi pada ban bias yang bisa Anda baca di bawah ini :

Penjelasan Lengkap, Pentingnya Kode Spesifikasi Pada Ukuran Ban
Penjelasan Lengkap, Pentingnya Kode Spesifikasi Pada Ukuran Ban

Nomer satu menunjukkan lebar ban dalam satuan inchi. Kode Angka 6.45 pada ban berarti ban tersebut memiliki lebar 6,45 inchi. Nomer dua menunjukkan kecepatan maksimum kendaraan yang di ijinkan. Ban ini mampu menahan kecepatan maksmimum kendaraan yang di ijinkan adalah sekitar 190 km/jam. Nomer dua menunjukkan diameter velg dalam satuan inchi. Angka 14 berarti ban tersebut digunakan pada velg dengan diameter 14 inchi. Nomer tiga menunjukkan kapasitas maksimum membawa beban dalam satuan ply rating. Angka 4PR berarti ban tersebut memiliki kekuatan sama dengan kekuatan ban yang menggunakan 4 lapis benang.

Cara membaca kode spesifikasi ban radial

Contoh kode spesifikasi pada ban tipe radial yang bisa Anda baca di bawah ini :

Penjelasan Lengkap, Pentingnya Kode Spesifikasi Pada Ukuran Ban
Penjelasan Lengkap, Pentingnya Kode Spesifikasi Pada Ukuran Ban

Kode Nomer di urutan pertama menunjukkan lebar ban dalam satuan mili meter (mm). kode Angka 195 pada ban berarti lebar ban tersebut adalah 195 mm. Kode Nomer di urutan ke dua menunjukkan aspek ratio (tinggi ban dibanding lebar ban) dalam persen. Kode Angka 70 pada ban berarti ban tersebut memiliki aspek ratio sebesar 70% yaitu memiliki tinggi tepi dinding ban sebesar 70% dari 195 yaitu sebesar 97,5 mm. Tinggi tepi dinding ban yang dimaksud adalah jarak dari velg roda hingga permukaan ban yang menyentuh jalan. kode urutan Nomer tiga menunjukkan kecepatan maksimum kendaraan yang di ijinkan. Huruf H berarti kecepatan maksmimum kendaraan tersebut yang di ijinkan adalah 210 km/jam (kode kecepatan maksimum ban dapat dilihat pada bagian bawah artikel). kode urutan Nomer ke empat menunjukkan jenis konstruksi ban tersebut. Huruf R berarti jenis konstruksi ban tersebut adalah ban radial. kode urutan Nomer ke lima menunjukkan diameter velg dalam satuan inchi. Kode Angka 14 berarti ban tersebut digunakan pada velg dengan diameter 14 inchi.

Cara membaca kode spesifikasi ban ISO (International Standardization Organization)

Contoh kode spesifikasi pada ban yang sesuai ISO dapat anda di lihat dan baca di bawah ini :

Penjelasan Lengkap, Pentingnya Kode Spesifikasi Pada Ukuran Ban
Penjelasan Lengkap, Pentingnya Kode Spesifikasi Pada Ukuran Ban

Kode Nomer urutan pertama menunjukkan ukuran lebar pada ban dalam satuan mili meter (mm). Kode Angka 195 berarti lebar ban tersebut adalah 195 mm. kode Nomer urutan kedua menunjukkan aspek ratio (tinggi ban dibanding lebar ban) dalam persen. Kode Angka 60 berarti ban tersebut memiliki aspek ratio sebesar 60% yaitu memiliki tinggi tepi dinding ban sebesar 60% dari 215 yaitu sebesar 150,5 mm. Tinggi tepi dinding ban yang dimaksud adalah jarak dari velg roda hingga permukaan ban yang menyentuh jalan. kode Nomer urutan ke tiga menunjukkan jenis konstruksi ban tersebut. Kode Huruf R berarti jenis konstruksi ban tersebut adalah ban radial. kode urutan Nomer ke empat menunjukkan diameter velg dalam satuan inchi. Kode Angka 14 pada ban berarti ban tersebut digunakan pada pelek dengan diameter 14 inchi. Urutan kode Nomer lima yaitu menunjukkan kapasitas maksimal pengangkut beban (load index). Angka 86 berarti indek kapasitas beban yang dapat diterima oleh ban tersebut adalah kira-kira sebesar 530 kg (indeks kapasitas beban dapat di baca pada bagian bawah artikel). Kode Nomer urutan ke enam menunjukkan kecepatan maksimum kendaraan yang di ijinkan. Kode Huruf H pada ban berarti kecepatan maksmimum kendaraan tersebut yang di ijinkan adalah sekitar 210 km/jam (kode kecepatan maksimum ban dapat di lihat pada bagian bawah).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.