Penting Tau! Definisi Dan Fungsi Saringan Udara Bagi Kendaraan

penting tau!definisi dan fungsi saringan udara bagi kendaraan

penting tau!definisi dan fungsi saringan udara. Saringan Udara atau sering disebut ‘Air Filter’ adalah bagian dari perangkat kendaraan bermotor yang bertugas menyuplai oksigen ke ruang bakar di sebuah mesin. ‘Air Filter’ juga bertugas menjaga kualitas udara agar tetap bersih dari kotoran, debu, dan partikel padat lainnya. Saringan udara berbahan serat halus yang tahan terhadap perubahan suhu, memiliki kerapatan pori yang cukup perfect untuk menyaring kotoran, serta dilengkapi dengan minyak khusus yang berfungsi sebagai penahan dan menangkap partikel debu yang lebil kecil, sehingga channel bekerja maksimal

‘Air Filter’ tidak berfungsi baik dan typical apabila kondisinya sudah kotor. Banyak ditemui kotoran yang menempel di permukaan channel dengan ciri-ciri kusam dan banyak endapan.

Saringan udara juga dirancang secara efektif agar bisa berfungsi semaksimal mungkin dalam menyaring udara, maka dari itu konstruksi dan desain dibuat untuk sekali pakai. Karena material tersebut sudah terakumulasi dengan kotoran yang sudah menempel. Pori saringan bekerja menahan kotoran sekaligus mengendapkan kotoran dibantu dengan minyak fiter agar kotoran yang sudah menempel tidak lepas. Maka dari itu channel udara yang sudah digunakan tidak dapat dibersihkan baik dengan pencucian maupun peniupan di karenakan endapan akan tetap di dalam serat channel dan akan menutupi seluruh pori sehingga channel tersebut tidak bisa dilalui udara (mampet)

Saringan udara yang tidak diganti secara rutin berujung kepada boros bensin, penyebabnya ada campuran udara tersendat dan menimbulkan endapan di ruang bahan bakar. Karena tidak seimbangnya campuran udara dan bahan bakar berdampak menurunnya fungsi busi sebagai pemantik programming interface sehingga dengan kondisi yang cukup lama dapat mengakumulasi kerusakan di seluruh bagian di dalam ruang bakar dan menyebabkan mogok bahkan berujung turun mesin.

Penggantian saringan udara secara berkala dapat mengantisipasi salah satu penyebab engine rusak dan mogok di jalan, selain itu dengan saringan udara yang berkualitas dan berfungsi dengan baik dapat menjamin perfoma engine tetap prima dan nyaman selama berkendara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.