Peran Penting Dan Utama ECU Sebagai Pengontrol Semua Sistem kendaraan

Peran ECU Sebagai Pengontrol Semua Sistem kendaraan. Sekarang kendaraan model baru motor atau mobil sudah ditopang dengan teknologi injeksi, tentunya tak asing lagi dengan komponen ECU atau Electronic Control Unit, nama kepanjangan dari komponen tersebut, yang berfungsi mengontrol semua sistem modulator atau subsistem dari sebuah kendaraan pada era modern ini.

Peran ECU Sebagai Pengontrol Semua Sistem kendaraan
Peran ECU Sebagai Pengontrol Semua Sistem kendaraan

Ada banyak modulator yang di Control oleh ECU, misalnya Electronic/engine Control Module (ECM), Powertrain Control Module (PCM), Transmission Control Module (TCM), dan Brake Control Module (BCM or EBCM). Bahkan, untuk sebuah kendaraan yang di produksi pada masa sekarang bisa memiliki lebih dari 80 modulator yang di cotrol oleh ECU untuk mengontrol semua sistemnya.

Kali ini kami akan membahas soal ECU. fuel injection control unit yang bertugas mengawal pengapian pada kendaraan. Hal ini berlaku untuk Semua kendaraan yang sudah menggunakan sistem pengapian jenis injeksi, yang dipastikan sudah terdapat nya ECU untuk mengatur dan menjaga agar selalu berfungsi dengan baik.

Kehadiran elektronik kontrol unit ini membuat pengapian kendaraan menjadi lebih efisien, irit bahan bakar, bahkan bisa mendeteksi kerusakan serta menyesuaikan dan mengatur kinerja pengapian sesuai kebutuhan kendaraan.

Mengenali kendaraan yang sudah menggunakan teknologi ini cukup mudah. biasanya ada huruf “i” –di belakang antara huruf besar maupun kecil, di belakang nama produk kendaraan tersebut, seperti pada mesin bensin EFI (Electronic Fuel Injection), MPI(Multi Port Injection), SFI (Sequential Port Fuel Injection), dan pada mesin diesel, seperti DI (Direct Injection) dan CRDI (Common Rail Direct Injection).

Demikian pula pada kendaraan beroda dua. Pada perusahaan Honda mereka memproduksi mesin dengan merek dagang yang sering kita dengar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)sementara dari perusahaan Yamaha merilis mesin YMjet-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection).

ECU sebagai otak kendaraan

Peran ECU Sebagai Pengontrol Semua Sistem kendaraan
Peran ECU Sebagai Pengontrol Semua Sistem kendaraan

Sebelum adanya komponen ECU pada kendaraan untuk proses pencampuran bahan bakar, campuran udara terhadap bahan bakar, pengukuran waktu pengapian, dan kecepatan putaran mesin dan yang lainnya hanya dilakukan secara mekanis.

Kini dengan adanya perangkat atau komponen ECU pada mesin injeksi, semuanya dapat dapat dengan mudah di atur, dikendalikan, dan di analisa jika terdapat kerusakan atau masalah dengan basis komputer yang dipasang dalam data sistem tersebut, seperti yang dipaparkan oleh Cars Direct.

ECU pada mesin injeksi merupakan komponen inti yang menentukan jumlah bahan bakar yang harus disuplai ke dalam mesin. Program komputer akan menerima beberapa data dan menggerakkan mesin sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

ECU juga termasuk dalam menentukan kapan durasi injeksi bahan bakar pada injector dilakukan (alat penyuplai bahan bakar), dengan cara menentukan kapan waktu yang tepat untuk memberikan campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang Silinder mesin.

data yang dikumpulkan oleh sensor sensor dari komponen ECU, perangkat ini pula yang mengontrol kecepatan putaran mesin, suhu pendingin, sudut bukaan gas throttle, serta menghitung oksigen pada sistem pembuangan gas (knalpot) apakah normal atau tidaknya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.