Perawatan Rutin Yang Harusnya Dilakukan Pada Ban Mobil

Perawatan Rutin Yang Harusnya Dilakukan Pada Ban Kendaraan

Perawatan Rutin Yang Harusnya Dilakukan Pada Ban Mobil. Ban adalah salah satu komponen mobil yang sangat berguna atau dapat dikatakan sebagai komponen utama pada mobil. Dalam proses pembuatan ban juga tidak sembarangan, jika kita lihat banyak orang menilai dari pola pada pemukaan ban hanya seperti gambar atau hiasan pada ban, padahalĀ  tidak pola tersebut mempunyai fungsi tertentu untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, contoh ban bias di gunakan pada truck karena ban bias dibuat untuk kendaraan yang akan sering membawa benda-benda berat. Jika kita tidak merawat ban dengan baik, akan memperpendek umur ban atau malahan juga akan berdampak pada komponen yang berhubungan dengan ban. Berikut ini langkah-langkah pemeriksaan pada ban mobil.

  1. Pertama anda dapat memeriksa ban sebelum digunakan untuk beraktivitas dengan mencek tekanan udara pada ban dan kondisi ban, jika serasa ban kurang udara atau angin maka tambahkanlah tekanan udara. hal tersebut juga dapat memperpendek umur ban.
  2. Berikutnya cek atau periksa koponen yang sangat dekat dengan ban seperti bearing atau hub kerena jika terdapat kerusakan atau gangguan lainnya otomatis ban juga akan ikut tertular jika di biarkan.
  3. Untuk memeriksa kondisi permukaan dan body ban apakah sudah aus atau belum, anda dapat lakukan atau bawa ke bengkel resmi untuk di sporing dan balancing, lebih bagusnya hal tersebut dilakukan secara bekala.
  4. Dalam penggunaan ban juga harus di perhatikan seperti jika jalan yang akan anda lewati terdapat banyak lobak sebaiknya dihindari dan pilih jalan yang lebih rata atau tidak berlobak.
  5. Dan terakhir jika saat berkendara dalam penggunaan ban juga harus diperhatikan dengan melakukan pengereman rem seperlunya saja saat mendadak. Jika seringnya di lakukan pengereman juga akan berdampak pada keborosan bahan bakar.

Sampai sini saja tips dan informasi dari saya semoga dapat bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.