Cara Menggunakan Alat Ukur Unik Plastic Gauge Untuk Mengukur Celah

Dalam dunia otomotif kita juga pasti mengenal yang namanya alat ukur tipe mekanik atau pun digital. Dari banyak macam nya jenis dan tipe alat ukur jadi kali ini saya akan membahas alat ukur unik yaitu plastic gauge. Alat ukur Plastic gauge ini umumnya digunakan untuk mengukur lebar dari celah oli atau oil clearance antara bagian journal dari poros engkol, pin dan bantalan atau metalnya. Alat ukur Plastic gauge berbentuk unik seperti seperti getah karet untuk ketapel dan plastic gauge ini terbuat dari bahan plastik yang memiliki ketebalan seperti lidi dan dibungkus ke dalam sebuah amplop.

Cara menggunakan alat ukur plastic gauge

Berikut ini saya akan membahas dan menjelaskan cara menggunakan alat ukur plastic gauge untuk pemeriksaan celah oli antara pin poros engkol dengan bantalan atau metalnya.

Bersihkan bagian-bagian yang akan diperiksa meliputi bagian pin poros engkol dan bantalan serta tangan anda dari kemungkinan terkena oli dan kotoran. Ambil lah satu platic gauge dari dalam amplop sesuai dengan lebar dari bantalannya. Letakkan plastic gauge tersebut ke pin poros engkol.

Setelah plastic gauge diletakkan di permukaan poros kemudian pasang tutup bantalan atau bearing cap pada pin poros engkol kemudian kencang kan bagian mur-murnya sesuai dengan spesifikasinya menggunakan kunci momen untuk menjepit plastik gauge. Ingat bahwa Pada saat pengukuran poros engkol jangan diputar.

Setelah mur dikeraskan sesuai spesifikasinya, kemudian lepas semua baut dan tutup bantalan dan kemudian ukur lebar plastic gauge dengan menggunakan skala yang ada pada amplop plastic gauge tersebut. Jika terjadi ukuran yang tidak rata maka ambilah ukuran yang paling lebar dari plastic gauge tersebut yang berwarna ungu pada gambar.

Dengan Catatan:

Setiap ukuran plastic gauge berbeda-beda, pilihlah ukuran platic gauge yang sesuai dengan ukuran celah yang akan diukur

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.