Pengen Tahu Lebih Tentang System pelampung pada karburator

System pelampung pada karburatorPengen Tahu Lebih Tentang System pelampung pada karburator. Dengan mengalirnya udara di venturi, maka akan terjadi kevakuman pada venture, akibatnya bahan bakar dari ruang pelampung akan keluar ke venturi melalui main nozzle. Jika perbedaan tinggi (h) antara bibir nozzle dan permukaan bahan bakar saat di ruang pelampung terjadi perubahan. Maka jumlah bahan bakar akan dikeluarkan nozzel akan berubah juga .untuk alasan tersebut maka permukaan bahan bakar di ruang pelampung akan pada kondisi tetap.untuk menjaga agar permukaan bahan bakar di ruang pelampung selalu tetap. Maka diperlukan system pelampung.

System pelampung pada karburator

1).pengontrolan permukaan bahan bakar (float control level)
jika bahan bakar mengalir dari pompa bahan bakar lalu melalui needle valve dan masuk kedalam ruang pelampung, maka pelampung terangkat ke atas. Needle valve akan bergerak secara otomatis tergantung aliran bahan bakar dia akan menutup dan  membuka sehingga bahan bakar masuk ke ruang pelampung.bila bahan bakar di gunakan otomatis di ruang pelampung mengurang atau permukaan bahan bakar turun, needle valve terbuka dan memungkinkan bahan bakar masuk keruang pelampung.

System pelampung pada karburator

2).needle valve
Pada saat permukaan bahan bakar di dalam ruang pelampung berubah, pelampung naik atau turun, gerakkan ini di pindakan ke needle valve dengan melalui push pin.pegas akan mencegah needle valve terbuka atau tertutup oleh gerakan naik atau turun pelampung yang di sebabkan gerakan dari kendaraan, sekaligus menjaga permukaan bahan bakar tetap kostan.

System pelampung pada karburator

3)air vent tube
Jumlah bahan bakar yang di salurkan oleh main nozzel (sebesar jumlah bahan bakar yang dibutuhkan) di tentukan oleh perbedaan tekanan udara (vakum) dalam venture (A) dan tekanan udara atmosfir didalam ruang pelampung (B) oleh karena jumlah bahan bakar yang di salurkan ke venture tergantung pada besarnya vakum dalam venturi, maka tekanan udara dalam air horn (C) dan tekanan udara dalam ruang pelampung (B) harus sama.
Tekanan udara dalam ruang pelampung (B) dipertahankan sama dengan tekanan udara di dalam air horn (C) oleh air vent tube.

Catatan:

  1. jika air vent tube tersumbat dan saringan juga buntu. sehingga terjadi tekanan yang lebih rendah dari ruang pelampung. Akibatnya jumlah bahan bakar yang di salurkan oleh main nozzel bertambah. Ini akan mengakibatkan campuran udara bahan bakar menjadi gemuk dan kemampuan mesin menurun.untuk hal ini, air vent tube harus selalu di jaga dari kotoran.
  2. jika baur air horn ada yang kendor atau gasket air horn rusak, tekanan udara dalam ruang pelampung akan sama dengan tekanan atmosfir. Hal ini akan mngakibatkan bahan bakar yang di salurkan oleh main nozzel banyak dan campuran menjadi gemuk.

sampai sini saja informasi tentang sistem pelapung dari saya semoga bermanfaat.

You may also like...

1 Response

  1. BestAdell says:

    I see you don’t monetize rakitmotor.com, don’t waste your traffic, you can earn extra cash every month with new monetization method.

    This is the best adsense alternative for any type of
    website (they approve all sites), for more details simply search in gooogle: murgrabia’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.