Terdapat 3 Macam Kunci Busi Dengan Masing Masing Kelebihan Nya

Terdapat 3 macam kunci busi dengan masing masing kelebihan nya. Kunci busi adalah alat yang berfungsi untuk mengendurkan, mengencangkan, memasang serta melepas busi kendaraan. Alat ini wajib tersedia di kendaraan. Bentuk dan ukurannya berbeda-beda yang dibuat khusus untuk setiap kendaraan.

Kunci busi merupakan alat khusus yang dibuat untuk mempermudah dalam proses pengencangan atau pelepasan pada busi. Sehingga ulir yang terdapat pada kepala busi dan ulir lubang busi tidak berisiko rusak akibat momen pengencangan yang begitu berlebihan.

Kelebihan kunci busi khusus daripada kunci sok maupun kunci T yaitu pada bagian dalamnya dilengkapi dengan magnet, fungsi dari magnet tersebut adalah agar mempermudah penggunanya untuk mengambil busi yang letaknya di dalam dan sudah terlepas. sehingga dengan menggunakan kunci busi, maka busi yang posisinya terlalu dalam mudah untuk diambil.

Terdapat 3 jenis kunci mobil, antara lain kuaci busi ratchet, kunci busi T dan kunci busi model pipa.

Kunci Busi Model Ratchet.

Kunci busi jenis Ratchet dilengkapi dengan gagang seperti kunci sok yang akan sangat mempermudah dalam proses pelepasan busi dan Bagian ujung nya dapat ditekuk agar Mudah disesuaikan dengan posisi yang diinginkan, sehingga penggunaan kunci ini lebih fleksibel.

Kunci Busi Model ‘T’.

Mengapa disebut kunci busi model T sebab kunci ini menyerupai huruf T dan tidak di sarankan dalam menggunakan kunci ini untuk melepas atau mengencangkan busi dengn kekuatan yang besar. Kunci ini dapat diputar sesuai posisi yang diinginkan.

Kunci Busi Model Pipa.

Bentuk kunci busi model pipa memanjang seperti pipa, namun pada bagian kepala pada kunci ini berbentuk hexagonal yang sama seperti kepala busi. Untuk memudahkan dalam penggunaannya, kunci busi model pipa ini dilengkapi dengan batang akan tetapi dapar di pisah. Batang tersebut berfungsi sebagai pegangan bagi penggunanya agar mempermudah dalam proses pelepasan dan pengecangan busi dengan tenaga yang besar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.