Ternyata,Oli Menjadi Sebab Utama Mesin Kendaraan Mati Mendadak

Ternyata, oli penyebab utama mesin kendaraan mati mendadak. Mesin kendaraan Anda mati mendadak kemungkinan masalah Anda berkaitan dengan artikel ini. Kondisi sepeda motor saat didorong ban tidak mau berputar normal atau tersendat, baik maju atau mundur. Jika kondisi ini yang Anda temui, salah satu potensi yang terjadi adalah gejala piston macet. Biasanya, selain tak bisa didorong, ketika Anda mencoba menyalakan mesin dengan engkol, kaki terasa berat saat coba memberi tekanan, dan mesin pun tak kunjung menyala.

Buku Jurus Kilat Jadi Montir Profesional Secara Otodidak terbitan Laskar Aksara, mencantumkan, pada motor standar pabrikan, masalah seperti ini biasanya dikarenakan piston terjepit pada blok silinder (boring).

Keringnya pelumas atau oli di dalam silinder

Masalah tersebut disebabkan oleh sistem pelumasan yang tidak bekerja dengan baik atau bahkan kekurangan pelumas.
Kondisi itu mengakibatkan terjadinya pemuaian pada komponen piston akibat dari suhu yang terlalu panas di dalam mesin sehingga menjadi overheat. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antra piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring.

Kerak

Penyebab lain adalah banyaknya kotoran sisa-sisa proses pembakaran yang menempel menjadi kerak karbon hitam, yang menumpuk di ruang bakar. Akibatnya pada saat gerakan piston ke titik mati atas (TMA), kotoran yang ada di ruang bakar mengganjal gerakan piston sehingga menjadi macet.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, hal yang pertama kali dilakukan adalah dinginkan terlebih dahulu mesin motor selama kurang lebih 15 menit, bahkan bisa lebih tergantung pengecekan. Hal ini di maksudkan agar piston kembali pada bentuknya semula setelah sebelumnya mengalami pemuaian.

Setidaknya hal tersebut membuat kendaraan bisa untuk dijalankan (didorong) dalam posisi mesin mati untuk dibawa ke bengkel. Dalam kondisi seperti itu jangan pernah mencoba menghidupkan mesin karena kondisi akan membuat mesin semakin rusak parah, terburuk, mesin bisa retak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.