Tips Cara Mengatasi Asap Hitam Yang Timbul Pada Motor Konvensional/Karburator

Tips cara mengatasi asap hitam yang timbul pada motor konvensional/karburator

Tips cara mengatasi asap hitam yang timbul pada motor konvensional/karburator. Info ini cocok banget bagi kalian yang masih menggunakan sepeda motor konvensional/karburator, yang tidak tau atau belum tau dalam mengatasi asap hitam yang keluar dari knalpot.asap hitam adalah hal yang sering terjadi pada sepeda motor konvensional dikarenakan proses pembakaran di ruang bakar yang tidak sempurna, lebih jelasnya jumlah pemasokan bahan bakar lebih banyak dibandingkan jumlah udara yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa hal yang menyebakan timbulnya asap hitam.

  1. Terdapat kotoran pada saluran masuk di karburator lebih jelasnya di saluran pilot jet dan bagian main jet dan penyetelan screw stasioner yang kurang tepat juga dapat menyebabkan hal tersebut.
  2. Terhambatnya udara yang masuk dari ke ruang bakar dikarenakan mampetnya saringan udara, sehingga kurangnya pemasokan udara.
  3. Percikan yang ditimbulkan oleh busi kecil kemungkinan sudah aus atau jarak celah elektroda yang terlalu rapat, sehingga percikan bunga api menjadi kecil dan proses pembakaran pun menjadi tidak sempurna.
  4. Banyaknya kerak di ruang bakar juga dapat menyebabkan proses pembakaran kurang sempurna.

Saran saya dalam merawat motor anda yang mengalami asap hitam:

  • Dengan melakukan pemeriksaan pada karburator dan mensetting ulang bagian baut stasionernya.
  • Periksa secara berkala bagian seringan udara.
  • Periksa juga bagian busi jika percikan yang ditimbulkan kecil maka anda dapat mengganti atau menyetel kembali celah elektroda.
  • Dan terakhir saya sarankan untuk membersihkan area ruang bakar secara berkala.

Sampai sini saja infomasi dan tips dari saya tentang tips cara menghadapi asap hitam yang timbul pada motor konvensional/karburator, semoga info dan tips ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian yang membaca, dan jangan lupa baca artikel lainya juga biar makin banyak tau.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.