Tips Pemeriksaan Busi Secara Manual Apakah Masih Dapat Berfungsi Dengan Baik Atau Tidak

 Tips Pemeriksaan Busi Secara Manual Apakah Masih Dapat Berfungsi Dengan Baik Atau Tidak

Tips Pemeriksaan Busi Secara Manual Apakah Masih Dapat Berfungsi Dengan Baik Atau Tidak. Bagi yang lagi bingung untuk memeriksa kondisi busi apakah sudah aus atau perlu di setel celah elektrodanya, terus baca sampai habis artikel ini semoga dapat bermanfaat. Jadi seperti yang kita ketahui busi sangat berperan peting pada system pengapian mobil atau motor. Busi berfungsi sebagai pemercik bunga api di dalam ruang bakar atau silinder, sehingga jika terjadi masalah pada busi system pengapian pun tidak berfungsi dengan maksimal bahkan mobil atau motorpun bisa tidak dapat hidup. Langsung aja Berikut ini langkah-langkah pemeriksaan busi secara manual :

  1. Pertama anda dapat melepas busi dari blok mesin, gunakan kunci busi dalam melepas dan memasangnya.
  2. Lalu berikutnya bersihkan busi dari kotoran secara menyeluruh, gunakan majun atau kain bersih.
  3. Cek kondisi busi apakah masih dapat memercikkan bunga api dengan baik atau tidak dengan menempelkan busi di bodi mesin terdekat, perhatikan apakah busi masih dapat memercikkan bunga api atau tidak, jika bunga api yang ditimbulkan masih besar berarti busi masih baik, jika percikan yang dikeluarkan kecil atau bahkan tidak ada, hal tersebut juga bisa di sebabkan oleh busi sudah aus atau bermasalah dan bisa juga terjadi masalah di koil.
  4. Dan terakhir periksa pada koil dengan melepas kabel yang terhubung dengan tutup busi lalu, dekatkan dengan bodi terdekat apakah masih dapat menimbulkan percikkan bunga api jika masih berarti tidak ada gangguan atau masalah pada koil.

Sampai sini saja tips dari saya semoga dapat menambah wawasan anda yang udah baca, jangan lupa baca juga artikel lainnya yang lebih menarik dan bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.