Bahas Tuntas Transmisi Sebagai Pengatur Tenaga Mobil

Transmisi Sebagai Pengatur Tenaga Mobil
Transmisi Sebagai Pengatur Tenaga Mobil

Transmisi Sebagai Pengatur Tenaga Mobil. Salah satu Sistem yang harus ada pada setiap mobil yaitu salah satunya Sistem transmisi, dalam dunia otomotif sistem transmisi adalah sistem yang berfungsi untuk mengubah torsi atau kekuatan tenaga mesin dan kecepatan putaran, dari mesin (Rpm) menjadi torsi, kecepatan, dan kekuatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak gardan sampai ke putaran ban. Prinsip kerja Konversi ini yaitu dengan mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi ke kecepatan rendah akan tetapi lebih mesin lebih bertenaga khususnya untuk jalan menanjak, dan sebaliknya nya jika kecepatan putar tinggi maka tenaga yang di hasil kan sangat lemah saat jalan menanjak.

Dengan kondisi operasi yang perlukan saat mengemudi berbeda beda untuk menyesuaikan kondisi jalan dengan tenaga mesin, maka sangat diperlukan sistem transmisi agar bisa mengatur tenaga mesin sesuai yang di butuhkan.

Di perlukan nya Transmisi pada mesin mobil karena pembakaran yang umumnya digunakan dalam mobil merupakan mesin pembakaran secara internal yang dapat menghasilkan putaran rotasi antara 600 sampai 6000 rpm. Sedangkan, putaran roda hanya dapat melakukan rotasi secepat antara 0 sampai 2500 rpm.

Sekarang ini, transmisi sudah mulai di kembangkan dan terdapat dua jenis sistem transmisi yang banyak di gunakan pada mobil, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis (terbaru). Ada juga juga sistem transmisi yang merupakan gabungan antara kedua nya sistem tersebut, tetapi ini merupakan perkembangan yang baru ditemukan pada mobil-mobil berteknologi tinggi dan merek-merek tertentu saja.

tiga jenis Tipe transmisi pada umumnya terdiri dari :

  • Transmisi manual.
  • Transmisi otomatis.
  • Transmisi semi-otomatis

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.