Wajib Baca Bagi Yang Ingin Ganti Rantai, Biar Gak Nyesal Nantinya

Wajib Baca Bagi Yang Ingin Ganti Rantai, Biar Gak Nyesal Nantinya.Rantai berfungsi sebagai penghubung antara putaran mesin dan roda belakang. Jika kondisi rantai motor anda dalam keadaan kurang baik, hal tersebut akan berdampak pada putusnya rantai, dan jika sudah putus saat dalam perjalanan pastinya anda akan kebingungan dan terpaksa untuk dorong motor sampai ketempat bengkel, pastinya anda tidak ingin mengalami hal tersebut, akan tetapi terdapat beberapa tips jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut. Simak berikut ini ulasan tipsnya.

Wajib Baca Bagi Yang Ingin Ganti Rantai, Biar Gak Nyesal Nantinya

Hindari kebiasaan sering memotong rantai

Pemotongan pada rantai adalah termasuk salah satu cara yang salah dalam merawat rantai agar dalam kondisi yang baik, hingga sekarang ini kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan penyebab kerusakan pada rantai, sehingga kejadian di atas pun akan berpeluang besar terjadi pada anda. Kebanyakan dari orang menggunakan rantai tanpa aturan contohnya sering memotong rantai, sehingga rantai pun akan cepat rusak atau aus. Saya sarankan dalam pemotongan rantai hanya satu atau dua kali saja selama pemakai, anda dapat membawanya ke bengkel kepercayaan anda jika anda kurang ahli dalam mengganti atau memotong rantai.

Mengganti satu set rantai dan gear

Tips berikutnya dalam mengganti rantai akan lebih bagusnya jika anda mengganti gear depan dan bagian belakang, sebelum itu anda dapat memeriksa kondisi rantai dan gear. Pertama lihat kondisi rantai, jika rantai kering maka berilah pelumas setelah itu periksa kekendoran rantai jika kendor kencangkanlah sesuai dengan yang diinginkan. Kedua periksa bagian gear apakah ujung gear masih tajam atau patah, jika patah gear sudah seharusnya di ganti. Oleh karena jika anda mengganti keduanya maka kinerjanya pun dapat dengan maksimal.

Sebaiknya rantai dan gear sama merk

Dan yang terakhir jika anda mengganti satu set rantai dan gear usahakan untuk membeli dalam satu merk yang sama. Jika anda membeli rantai dan gear dengan berbeda merk biasanya komposisi bahan saat dalam pembuatannya juga berbeda, dan dalam segi kekuatan salah satu dari rantai atau gearpun juga berbeda. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada kerusakan pada rantai, jadi sebaiknya jika anda ingin membeli komponen akan lebih efisien jika komponen tersebut dalam satu merk yang sama.

Sampai sini saja informasi dan tips dari saya tentang mengganti rantai, semoga info dan tips tadi dapat bermanfaat bagi anda sekalian yang membaca.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.