Langkah Pertama Yang Harus Di Lakukan Saat Motor kalian Mogok Dikerenakan Banjir

Yang Harus Di Lakukan Saat Motor kalian Mogok Dikerenakan Banjir

 

Yang Harus Di Lakukan Saat Motor kalian Mogok Dikerenakan Banjir.Pernahkah motor kalian mengalami mogok di karenakan bencana banjir? Pastinya ada yang pernah dan tidak, lalu bagi anda yang belum mengalami hal tersebut langkah apakah yang anda lakukan jika motor anda mogok di karena banjir, kebanyakan orang yang mengalami hal tersebut membuat mereka frustasi di karenakan motor mereka yang mogok di tengah banjir, hal tersebut sering di alami oleh orang yang terburu buru dan terpaksa mereka harus melewati banjir tersebut untuk segera ke tempat tujuan.

Tidak ada salahnya jika anda tahu lebih dahulu langkah pertama jika motor anda mengalami mogok di karenakan banjir, andapun juga dapat menolong orang lain jika mengalami hal tersebut. Jadi berikut ini langkah langkah pertama jika motor anda mengalami mogok di karenakan banjir.

 

Langkah-langkah dalam mengatasi Motor Mogok diKarenakan Banjir

1.Periksa kondisi busi

Jika motor anda mogok karena mengalami banjir, anda dapat memeriksa bagian busi terlebih dahulu karena basahnya busi terkena air banjir dapat mengakibatkan motor tidak bisa hidup karena sumber utama pengapian pada motor salah satu nya termasuk busi.Lalu periksa busi dengan melepasnya busi terlebih dahulu, lalu lap seluruh body busi termasuk celah elektroda pada busi dengan kain hingga kering.Jika busi sudah dilap dan tunggu hingga kering, lalu pasang kembali busi. Catatan, saat pemasangan busi hati-hati agar drat pada busi tidak rusak.

2.Periksa bagian saringan udara

Selanjutnya periksa bagian saringan udara, Karena jika mobil terendam air atau banjir saringan udara bisanya juga ikut basah. Jika saat di periksa pada saringan udara terlihat basah maka lepaslah untuk sementara, karena jika dibiarkan motor anda akan mengalami  yang namanya brebet saat di nyalakan.

3.Cek Karburator

Jika bagian saringan sudah di periksa, lanjutkan ke karborator untuk motor konvensional  (bukan efi). Pertama dengan menguras air yang berada dalam karburator dan pada saluran bahan bakar, dengan cara menutup terlebih dahulu keran yang berfungsi sebagai katup penyalur bahan bakar yang letaknya di antara tangki bahan bakar dan karburator yang pengalirannya menggunakan selang, jika sudah lalu putarlah baut yang posisinya terletak di bagian bawah karburator untuk membuang bahan bakar yang sudah tercampur air, jangan lupa pasang dan rapatkan kembali baut yang sudah di lepas, pastikan agar tidak ada lagi cairan yang tersisa. Jika hal ini di biarkan maka motor anda akan mengalami yang namanya brebet.

4.Periksa keadaan knalpot

Berikutnya periksa keadaan knalpot, karena jika motor anda terendam di banjir maka air akan masuk melalui lubang knalpot sehingga  motor tidak bisa bekerja seperti biasanya yaitu membuang gas sisa hasil pembakaran dari ruang silinder. Lalu cara mengatasinya yaitu dengan mendirikan motor dengan standar tengah jika sudah maka tekan bagian belakang motor sehingga motor akan berposisi standing/bagian depan motor lebih tinggi dibandingkan bagian belakang motor, masih dalam posisi tadi lalu pancal kick stater dengan mengoff kan kunci kontak, sehingga air pun akan keluar dan pastikan hingga tidak ada air lagi pun yang menetes. jika anda ingin agar kondisi knalpot tidak mudah karatan anda dapat meneteskan sedikit oli ke knalpot.

5.Periksa bagian Oli

Dan untuk lebih bagusnya periksa juga keadaan oli motor anda. biasanya saat motor anda menerjang banjir oli motor anda bisa berubah menjadi warna putih, karena saat melewati  banjir, air biasanya akan muncrat ke ruang oli karena itulah oli motor anda dapat berubah warna menjadi putih

6.Memanaskan Mesin

Jika semua di atas sudah di lakukan maka langkah terakhir yaitu dengan memanaskan motor anda, cara memanaskan motor bagi kalian yang mengalami mogok saat melewati banjir. Pertama yang harus anda lakukan ialah dengan mestater tanpa menggunakan elektrik stater yaitu dengan menggunakan kick stater akan tetapi dengan memposisikan kontak dalam keadaan off, pancal stater 7 sampai 9 kali. Posisikan kunci kontak ke posisi on lalu pancal lagi. sampai motor anda hidup biarkan selama 5 sampai 9 menit untuk memanaskan mesin.

Sampai sini saja informasi dan tips dari saya semoga tips “yang harus kalian lakukan saat motor anda mogok dikerenakan banjir” dapat bermanfaat bagi kita dan orang lain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.